Dalam era digitalisasi pemasaran melalui platform seperti Tokopedia, Shopee dan Tiktok membutuhkan keterampilan komprehensif untuk bersaing. Berdasarkan data MSME Empowerment Report 2022 (halaman 46), platform yang umum digunakan oleh UMKM dalam 6 bulan terakhir adalah Shopee (87,1%), Tokopedia (58,2%), TikTok Shop (44,8%), Bukalapak (37,8%), dan Blibli.com (22,6%).
Manfaat digitalisasi bagi UMKM adalah peningkatan penjualan dengan menjangkau pemasaran yang lebih luas, memudahkan komunikasi dengan pelanggan, membangun loyalitas dan membuka pasar lebih luas, bahkan hingga luar negeri.
Pemerintah mendukung penuh perkembangan UMKM untuk mendapat kemudahan akses digitalisasi dengan menyediakan program pengembangan keterampilan yang tidak hanya diperuntukan bagi UMKM, namun untuk semua.
Program tersebut bernama Program Kartu Prakerja, menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing di era digital ini. Menurut survei evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) tahun 2020 hingga 3 Desember 2023, Prakerja telah memberikan akses pelatihan bagi 17,5 Juta orang penerima dari 514 Kabupaten/Kota sejak April 2020 hingga Desember 2023.
Beasiswa pelatihan Prakerja ini berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan inovasi di berbagai sektor ekonomi, sehingga mampu meningkatkan peluang masyarakat indonesia untuk memiliki usaha dan mendapatkan pekerjaan masa depan.
Meskipun Kartu Prakerja telah memberikan banyak manfaat, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah memastikan kesesuaian antara pelatihan yang ditawarkan dengan kebutuhan pasar kerja yang aktual. Selain itu, penyediaan akses yang lebih luas dan peningkatan kualitas kursus juga menjadi fokus perbaikan yang terus dilakukan.
Survei DSInnovate terhadap 1.500 pemilik UMKM menunjukkan bahwa 70,2% dari mereka mengalami kesulitan dalam pemasaran produk, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya keterampilan dan pengetahuan digital di kalangan pemilik UMKM dan karyawan.
Sehingga, pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Pelatihan PAKAR mengenai “Meningkatkan Penjualan Produk Menggunakan Marketplace” sangat relevan untuk diikuti oleh seluruh pemilik UMKM dan karyawan. Pembahasannya berkaitan dengan strategi-strategi pemasaran yang efektif di berbagai platform marketplace, seperti Tokopedia, Shopee dan Tiktok. Tidak hanya itu, melakukan optimasi penjualan, manajemen inventaris, penggunaan fitur-fitur khusus marketplace, serta strategi promosi yang efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan juga akan dibahas pada pelatihan tersebut.
Program Prakerja merupakan langkah maju dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Melalui akses yang lebih mudah terhadap pendidikan dan pelatihan, program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi dan mencapai tujuan karir mereka sehingga yang tidak bisa #JadiBisa