Workshop Offline 1 Hari
CRM Management for Sales
Framework, Sistem, dan Strategi CRM (Customer Relationship Management) Terbukti Efektif Mengubah Prospek Menjadi Repeart Order




Strategi Penjualan Terukur (Sales Funneling & Sales Process)
Optimalkan Sistem & Konsep CRM
Implementasi CRM
Evaluasi CRM
Mengapa Anda Harus Join Workshop Ini?
Workshop ini akan memberikan Anda pemahaman terkait Framework, Sistem, dan Strategi CRM (Customer Relationship Management) Terbukti Efektif Mengubah Prospek Menjadi Repeart Order. Manfaat mengikuti workshop ini yaitu :
Meningkatkan Efisiensi Penjualan
Memahami cara membangun dan mengintegrasikan proses penjualan yang efektif melalui CRM yang tepat, seperti Sales Funneling dan Building Sales Process around CRM Implementation
Memperkuat Hubungan dan Loyalitas Pelanggan
Paham konsep dasar CRM sebagai pendekatan menyeluruh untuk mengelola relasi pelanggan (lebih dari sekadar software). Customer Retention dan Customer Mapping untuk meningkatkan repeat order
Memaksimalkan Peluang Bisnis
Mampu memanfaatkan data pelanggan untuk menentukan loyal customer, sehingga dapat mengoptimalkan penjualannya melalui cross-selling, up-selling, dan referral. Sehingga, tidak hanya fokus mencari pelanggan baru, tapi juga menggali lebih banyak potensi dari pelanggan yang sudah ada
Apa Topik yang Akan Dibahas?
Sesi 1 : Introduction to CRM Concept
- What is CRM
Fundamental CRM (Customer Relationship Management) - CRM Concept vs Software
CRM bukan hanya software, tapi pendekatan menyeluruh dalam membangun relasi yang kuat dan bernilai dengan pelanggan - Why CRM is Key to Revenue Growth
Prosesnya dapat memperkuat loyalitas pelanggan, meningkatkan efisiensi penjualan, dan memaksimalkan peluang bisnis
Sesi 2: Building Sales Process in Your Company
- Workshop Sales Process
Sesi praktis untuk menyusun alur penjualan yang efektif dan sesuai dengan bisnis Anda - Ideal Customer Profile
Identifikasi karakteristik pelanggan terbaik yang paling potensial untuk membeli dan loyal terhadap produk/layanan Anda - Customer Mapping
Interaksi pelanggan dari prospek hingga loyal customer
Sesi 3: CRM Implementation in Your Company
- Creating Fit CRM System
Merancang sistem CRM yang sesuai dengan kebutuhan dan struktur bisnis Anda - Building Sales Process around CRM Implementation
Integrasi proses penjualan dengan CRM agar aktivitas tim sales lebih terukur dan efisien - Cross-Selling, Up-Selling, and Referral Management
Strategi untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan melalui penawaran tambahan - Customer Retention Strategy
Strategi mempertahankan pelanggan agar tetap loyal dan terus melakukan pembelian
Sesi 4: Evaluating CRM
- Sales Funneling
- Sales Success Strategy and Metrics
Waktu tersisa hingga super early bird berakhir:
Siapa yang Harus Ikut ?
Secara keseluruhan, mengikuti workshop CRM Management for Sales adalah Langkah strategis untuk membangun sistem penjualan yang terstruktur, meningkatkan efektivitas tim sales, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan mendorong pertumbuhan bisnis melalui implementasi CRM yang tepat, terukur dan dapat diterapkan berbagai bidang bisnis.
Sebagai entrepreneur lama, workshop ini akan berguna untuk:
- Peningkatan Efisiensi Penjualan melalui optimasilasi proses penjualan yang sudah ada dengan sistem CRM untuk meningkatkan konversi dan efisiensi
- Meningkatkan loyalitas pelanggan lama melalui strategi CRM yang tepat, mengurangi churn rate
- Menganalisis data pelanggan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih terinformasi dan tepat sasaran
- Memanfaatkan CRM untuk menawarkan produk tambahan atau upgrade, meningkatkan pendapatan dari pelanggan yang sudah ada (Cross-Selling & Up-Selling)
- Membantu memperbaiki atau menyempurnakan sistem penjualan yang ada dengan teknologi dan strategi CRM terbaru
Sebagai entrepreneur baru/calon entrepreneur, workshop ini akan berguna untuk:
- Membangun Sistem Penjualan dari Nol dengan cara memahami sistem CRM yang tepat dari awal
- Menyusun dan memetakan journey pelanggan untuk menawarkan pengalaman yang lebih baik
- Menyusun strategi untuk mendapatkan pelanggan baru dan mengonversinya menjadi pembeli tetap menggunakan CRM (Meningkatkan Customer Acquisition)
- Memahami Automasi Proses Bisnis untuk menghemat waktu dan usaha melalui CRM
- Menentukan Ideal Customer dengan fokus target market yang tepat
- Siap ekspansi dengan sistem yang rapi dan terukur
Sebagai Profesional di Bidang Sales / Non Sales, Workshop ini akan berguna untuk:
- Memahami Customer Journey sehingga Mengerti alur pelanggan dari prospek hingga loyal
- Meningkatkan Closing Rate Khusus untuk tim sales
- Kolaborasi Tim Lebih Baik karena Sistem CRM dapat membantu sinergi antar divisi
- Skill Bisnis Tambahan yaitu Tambahan wawasan strategis untuk karier Anda
- Mindset Data-Driven, Belajar mengambil keputusan berbasis data pelanggan
Fasilitator:
Lie Agus Chiawono, S.Kom., S.Si., CTM
(Salespreneur)
Chief Operating Officer dari TRrecPro Institute. Sebuah lembaga pelatihan tenaga kerja yang berfokus pada pelatihan soft skills terutama di bidang salesmanship, leadership, dan service excellence.
Sebelumnya merupakan seorang praktisi dunia pemasaran dan jasa keuangan selama lebih dari 19 tahun baik di perusahaan konvensional maupun start-up dengan posisi terakhir sebagai Chief Commercial Officer di sebuah perusahaan fintech pembiayaan konsumen.
Selain aktif sebagai seorang professional, Agus juga merupakan co-founder dari FINCH (Financial Intelligence Curriculum for High School) yaitu sebuah inisiatif untuk memperlengkapi generasi berikut Indonesia dengan literasi keuangan, founder dari FAME (Financial and Asset Management for Executive), dan advisor di beberapa start-up pendidikan, keuangan, dan pelatihan.
Bidang yang merupakan spesialisasi Beliau, yaitu:
- Salesmanship and Communication Skills
- Business Development and Partnership
- Leadership and People Development
- Finance and Personal Finance

Jadwal Workshop:
Tempat:
PAKAR Office
Jl. Kaji No.9, Petojo Utara, Gambir, Kota Jakarta Pusat
Waktu:
09.00 – 17.00 WIB
Berapa Investasinya?
Harga normal jasa untuk konsultasi mencapai jutaan rupiah/ jam. Namun di sini, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan pembicara yang berpengalaman dibidangnya.
Kedepannya, ada kemungkinan kami akan mematok harga Rp5.000.000,- atau bahkan lebih untuk sesi yang sama.
Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini!
FREE BONUS
FREE E-Certificate resmi dari PAKAR seharga Rp200.000,-
FREE konsultasi melalui WhatsApp Group langsung dengan pengajar selama 1 bulan, senilai Rp1.500.000,-
FREE Bonus: Rp1.700.000,-
Ikuti kelasnya sekarang, perluas wawasan dan koneksimu !



















Testimoni Peserta yang Sudah Mengikuti Kelas






Waktu tersisa hingga promo berakhir:
Apabila ada pertanyaan, Anda dapat menghubungi:
Bisa, workshop ini tidak hanya untuk Anda pebisnis dengan skala besar. Anda yang baru merintis bisnis, ilmu yang dibutuhkan juga sangat relate dengan Workshop ini. Materinya bisa Anda jadikan pembelajaran untuk mulai membentuk dan megelola tim sales sesuai karakter bisnis Anda.
betul, kami sediakan free konsultasi dengan mentor melalui grup WhatsApp selama 1 bulan
1. Refund:
* Refund akan diberikan secara penuh jika peserta memberikan pemberitahuan paling lambat maksimal 7 hari sebelum pelaksanaan workshop.
* Jika pemberitahuan diterima setelah 7 hari, akan dikenakan penalty sebesar 35% dari total pembayaran
2. Reschedule:
* Reschedule dapat dilakukan jika peserta memberikan pemberitahuan paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan workshop.
* Pemberitahuan yang diterima setelah 7 hari akan dikenakan charge sebesar 35% dari total pembayaran.
Note :
* Charge yang akan dikenakan untuk Satu Peserta Rp312,900 & Dua Peserta : Rp 555,800-
* Jika melakukan pembayaran untuk 2 peserta & melakukan refund/reschedule untuk 1 peserta maka tarif charge yang akan dikenakan untuk 1 peserta Rp312,900 (Minimal Rp. 300.000,-)
**Ketentuan Refund & Reschdule, berlaku termasuk untuk peserta yang berhalangan hadir karena adanya kegiatan / agenda lain, sakit dan keadaan darurat lain (Kecuali Bencana Alam).
Silahkan hubungi kami WA/Telp 0811-1572-527 (Raisya) atau instagram @pakar.id