Memilih Jenis Promosi Penjualan untuk Bisnis Anda

Membahas strategi pemasaran tidak jauh dari membahas promosi. Untuk menciptakan promosi yang efektif sehingga meningkatkan penjualan, sebaiknya para pebisnis mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis promosi penjualan.

1. Diskon atau Potongan Harga

Diskon termasuk promosi klasik untuk mendatangkan pembeli, namun Anda harus berhati-hati dalam memasang angka diskon. Hal yang mungkin terjadi jika angka diskon terlalu besar, konsumen tidak tertarik untuk membeli di harga regular lagi.

2. Bonus

Biasanya bonus menarik konsumen musiman. Agar konsumen bertahan Anda harus memberikan bonus yang membuat mereka datang untuk membeli lagi, salah satunya karena mengoleksi bonus yang beragam. Contoh pemberian bonus di bisnis fast food bisa berupa karakter kartun/ film yang sedang booming.

Read more

Categories IT

Tips Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Meningkatnya daya beli masyarakat melalui jalur online menyebabkan semakin berkembangnya marketplace seperti Lazada, Tokopedia, hingga Shopee. Agar peluang Anda sebagai pelaku usaha di marketplace menjadi lebih besar, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tampilan

Foto produk memegang peranan penting di dunia online. Penggunaan foto yang dihasilkan sendiri, bukan dari Google akan lebih meyakinkan customer. Untuk produk dalam industri tertentu seperti fashion, foto produk dapat diambil dari berbagai angle, mulai dari terlihat keseluruhan hingga detail produk. Jika suatu produk terdapat beberapa warna, Anda dapat mengunggah semua jenis warna sehingga lebih spesifik.

2. Nama

Nama produk sebaiknya tidak terlalu umum dan juga tidak terlalu spesifik agar mudah ditemukan dari search engine seperti Google. Sebagai contoh, Anda dapat memasukan nama produk seperti “Kemeja Kotak Katun Biru” dan jangan memasukan kode produk yang berupa angka seperti di katalog.

Read more

Tips Email Marketing yang Efektif

Pada dasarnya, konsumen ingin untuk tetap berhubungan dengan Anda, namun pemasar harus melakukannya dengan cara yang dapat memberikan nilai bagi konsumen. Berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat mengirimkan email marketing yang efektif:

1. Berhenti Memperlakukan Konsumen seperti Manusia Tanpa Nama

Kesalahan umum yang jarang disadari oleh pemasar adalah konsumen tidak suka dianggap manusia tanpa nama. Konsumen ingin dilihat sebagai pribadi yang unik. Daripada hanya mengirim email yang sama kepada semua orang, akan lebih baik jika Anda melakukan segmentasi pada daftar email. Dengan demikian para konsumen akan merasa bahwa Anda dapat membaca pikiran mereka saat itu.

2. Perhatikan Riwayat Konsumen

Riwayat konsumen menjadi lebih penting di dunia marketing. Perilaku konsumen akan memberikan informasi tentang apa yang sedang mereka cari.

Read more

Categories IT

Cara Mencegah Penyebaran HOAX

Dengan adanya kecanggihan teknologi, penyampaian informasi menjadi semakin cepat. Bahkan, hanya dengan memprioritaskan kecepatan penyebaran ataupun dengan tujuan tertentu, berita palsu semakin mudah bertebaran. Inilah yang dikenal dengan istilah “hoax”.

Anda sebagai netizen harus berhati-hati agar tidak ikut terlibat membantu oknum tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan hoax. Hal ini dikarenakan hoax dapat merugikan dan menjadi fitnah bagi orang lain.

Untuk mengenali hoax, Septiaji Eko Nugroho selaku Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax membeberkan ciri-ciri hoax, antara lain:

1. Judul Provokatif

Berita hoax sering menggunakan judul provokatif, semisalnya dengan menyudutkan pihak terterntu. Isi berita dapat diambil dari berita media resmi yang kemudian diubah untuk menimbulkan persepsi sesuai dengan kehendak oknum pembuat hoax. Oleh karena itu, Anda harus mencari referensi beritu serupa dari situs resmi dan membandingkan isinya.

Read more

Categories IT

4 Hal Penting Perencanaan Branding di Media Sosial

Penggunaan media sosial sekarang ini tidak hanya untuk personal saja, namun sudah merambah ke dunia bisnis. Berbagai merek melibatkan media sosial untuk branding. Jika Anda berniat untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini:

1. Tentukan Platform

Anda perlu mengidentifikasi platform/media sosial apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengamati bahwa audiens di platform tertentu dapat berbeda. Anda dapat menentukan berdasarkan keefektifan seperti platform mana yang paling dapat mencapai target audiens yang Anda inginkan.

Read more

Faktor Tampilan Instagram yang Berubah

Sebagai pengguna Instagram, jika Anda cermati, Anda akan menyadari perubahan pada tampilan aplikasi ini. Mulai dari tampilan feed yang dahulu ada berbagai konten following Anda, sekarang hanya terlihat pengguna tertentu yang terus bermunculan di feed Anda. Sebagian pengguna bertanya-tanya apa yang menjadi dasar perubahan tampilan tersebut. Sekarang, PAKAR akan membahas beberapa faktor yang mempengaruhi tampilan pada feed Instagram yaitu:

1. Interest

Seberapa banyak Instagram memprediksi akan kepedulian suatu posting, peringkat lebih tinggi untuk hal-hal yang sangat diperdulikan Anda. Peringkat tersebut didasari oleh aktivitas Anda selama ini pada konten yang serupa dan mesin vision menganalisis potensi konten yang sesunggunya dari post.

2. Recency

Bagaimana akhir-akhir ini postingan dibagikan akan muncul kembali di minggu berikutnya.

Read more

Categories IT

Tips Penting Hadapi Kemarahan Konsumen

Beberapa konsumen memiliki berbagai alasan hingga marah, baik itu alasan masuk akal maupun yang tidak masuk akal. Namun, jika Anda bekerja dengan menjual produk atau jasa kepada konsumen, suatu ketika Anda harus menghadapi kemarahan mereka. Bagaimana respon Anda terhadap mereka dapat mempengaruhi hasil akhir apakah mereka puas dengan penanganan Anda atau malah semakin marah dan mulai menyebarkan review negatif di luar sana. Berikut adalah sejumlah tips untuk menghadapi kemarahan konsumen:

1. Tetap Tenang

Ketika konsumen mulai berteriak atau melakukan sesuatu yang kasar, Anda tidak boleh membalasnya dengan perlakuan serupa. Diperlukan adanya kontrol diri pada diri Anda agar tetap tenang.

2. Jangan Dicampur-aduk dengan Perasaan Pribadi

Anda harus ingat bahwa konsumen marah bukan terhadap Anda, melainkan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Perasaan pribadi Anda tidak ada kaitannya di sini.

Read more

Mitos Instagram yang Salah

Sebagai platform yang sukses menggaet banyak pengguna, instagram terus memperbaharui fitur-fiturnya. Di sisi lain, tidak hanya fitur saja yang di update namun juga tampilannya. Berikut adalah mitos-mitos yang salah mengenai Instagram yang baru di update:

1. Instagram memberlakukan algoritma baru bukan untuk memperumit tampilan Instagram namun disebabkan oleh pengguna-pengguna yang tidak menyukai algoritma kronologis.

2. Instagram tidak menyembunyikan postingan di feed dan jika Anda terus scrolling, Anda dapat melihat semua postingan dari pengguna Instagram yang Anda follow.

Read more

Sri Mulyani Ungkap Pihak Penerima PNBP 0 Rupiah

Pada tanggal 26 Juli 2018, dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menyetujui rancangan undang-undang (RUU) penerimaan negara bukan pajak (PNBP) menjadi Undang-undang (UU). Persetujuan tersebut akan menggantikan UU Nomor 20 Tahun 1997 tentang PNBP. Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani menyatakan UU PNBP dapat meningkatkan kemandirian bangsa dalam rangka mengoptimalkan sumber pendapatan negara dari PNBP.

Read more

4 Jenis Kamera Sesuai Kebutuhan Anda

Zaman sekarang, fotografi sudah menjadi hobi yang banyak diminati. Berbagai jenis kamera mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang meronggoh saku ada di pasaran. Jika Anda salah satu peminat fotografi yang selama ini hanya mengabadikan moment  melalui kamera ponsel, mungkin kini saat yang tepat untuk Anda mengeksplorasi dengan kamera. Untuk mengurangi kebingungan dalam memilihi kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka kami menyediakan beberapa panduan jenis kamera, antara lain:

1. Serius dengan Dunia Fotografi

Jika Anda berniat untuk terjun ke dunia fotografi dengan serius, maka Anda perlu menyiapkan kamera yang mumpuni. Ibarat bersiap berperang, kamera akan menjadi senjata yang mendukung kemenangan Anda. Oleh karena itu, kami menyarankan kamera DSLR atau kamera mirrorless. Kedua jenis kamera ini dapat Anda otak-atik lensanya sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda dapat berkarya dengan bebas. Sebagai tambahan properti, Anda dapat membeli tripod yang berfungsi untuk menyanggah kamera.

Read more