layanan centang biru berbayar di facebook dan instagram

Layanan Centang Biru Berbayar di Facebook & Instagram

Sebagai pengguna media sosial, centang biru di Instagram sudah tidak asing kita lihat pada profil akun-akun ternama. Namun, Meta akan menjual verifikasi biru di Instagram dan Facebook.

CEO Mark Zuckerberg memberikan informasi soal layanan bernama Meta Verified. Layanan ini akan membuat pengguna Facebook dan Instagram yang ingin mendapatkan centang biru harus membayar.

Layanan ini mirip seperti Twitter Blue yang telah diluncurkan lebih dulu oleh Elon Musk. Lalu apa saja yang perlu diketahui oleh pengguna mengenai layanan ini? dan berapa biayanya?

Tarif Centang Biru Berbayar

CEO Mark Zuckerberg mengumumkan terkait tarif layanan centang biru tersebut dalam pengumumannya. Biaya centang biru berbayar untuk pengguna terdiri dari dua macam. Meta mengenakan biaya sebesar US$11,99 atau setara Rp182.000/bulan untuk pengguna web dan US$14,99 atau setara Rp228.000 pada pengguna iOS atau Android.

Alasan pengenaan tarif layanan Meta Verified untuk meningkatkan keaslian dan keamanan dalam dua platform miliknya. Wilayah pertama yang bisa menggunakan yaitu di Australia dan Selandia Baru. Sementara wilayah lainnya akan menyusul di masa depan.

Syarat Mendapatkan Centang Biru Berbayar

Syarat pendaftaran yang harus dipenuhi oleh pengguna yang ingin mendaftarkan akun Instagram dan Facebook menjadi Meta Verified adalah harus berusia minimal 18 tahun dan mengirimkan KTP yang sesuai dengan nama dan foto akun Instagram atau Facebook.

Meta juga memastikan bahwa tokoh masyarakat dan akun lainnya yang sebelumnya telah diverifikasi tidak akan terpengaruh aturan baru ini.

Meta Verified ini bukan ditujukan untuk public figure terkenal, melainkan untuk para influencer dan mereka yang menggunakan social media sebagai platform bisnis.

Manfaat Centang Biru Berbayar

Centang biru berbayar dapat meningkatkan perlindungan terhadap serangan peniruan dan akses langsung ke pelanggan. Pengguna layanan ini juga harus memiliki profil lengkap dengan foto profil yang menunjukkan wajah.

Layanan centang biru berbayar ini akan menawarkan peningkatan visibilitas dan jangkauan di berbagai bidang, seperti pencarian dan rekomendasi.

Pengguna yang mendaftar ke layanan ini akan mendapatkan sticker eksklusif untuk Stories dan Reels. Tidak hanya itu, pengguna juga akan menerima 100 bintang gratis setiap bulan. Bintang ini merupakan mata uang digital yang berguna untuk memberi tip kepada pembuat konten di Facebook.

Itulah informasi yang perlu Anda ketahui mengenai kehadiran centang biru berbayar Facebook dan Instagram. Hal ini nantinya mungkin juga bisa Anda manfaatkan untuk bisnis.

Jika Anda ingin belajar cara beriklan di Facebook dan Instagram Ads, Anda bisa klik link di bawah ini:

▶️PAKAR DIGITAL MARKETING ACADEMY