cara memilih KOL yang tepat

Cara Memilih KOL (Key Opinion Leader) yang Tepat

Di era digital saat ini, konsumen sangat aktif dalam social media. Laporan We are Social menunjukkan pengguna aktif social media di Indonesia sebanyak 167 juta per Januari 2023.

Oleh karena itu, banyak brand yang memanfaatkan KOL untuk mempromosikan brand atau produk terbarunya. Namun, Anda harus berhati-hati memilih KOL agar tepat sasaran dan sesuai dengan brand Anda.

Artikel ini akan membahas mengenai KOL dan bagaimana cara memilihnya.

Apa itu KOL?

KOL (Key Opinion Leader) adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan pendapatnya dipandang sebagai pengaruh yang positif oleh banyak orang.

KOL sendiri merupakan orang yang dikenal masyarakat luas serta memiliki pengaruh besar dan ahli pada bidang tertentu. Contohnya seperti selebriti, dokter, atlet, dan masih banyak lagi.

Selain itu, KOL tidak dilihat dari berapa banyak followersnya tetapi dari prestasi atau keahliannya. Jadi bisa saja followers influencer lebih besar dari pada KOL.

Perbedaan KOL dan Influencer

KOL dan Influencer sama-sama memiliki pengaruh yang besar dalam dunia pemasaran khususnya pada influencer marketing. Keduanya terlihat sama dengan rangkaian tugas yang tidak berbeda jauh, namun terdapat perbedaan jelas yang membentuk individu seorang KOL dan Influencer.

Influencer memberikan pengaruh yang luar biasa, namun mereka bukan seorang ahli atau pakar di bidang apapun, dan mereka mengungkapkan fenomena yang sedang viral dengan followersnya.

Pilar konten dan kualitasnya menjadi sandaran kredibilitas dan identitas mereka sebagai seorang influencer.

Di sisi lain, seorang KOL memposisikan diri mereka sebagai seorang pakar di bidangnya dan mereka memiliki pengetahuan untuk menjawab segala pertanyaan.

Kredibilitas KOL tidak didasari pada jumlah audiens, namun bertumpu pada pengetahuan mereka.

Tips Memilih KOL yang Tepat

Berikut ini kriteria yang perlu dipertimbangkan untuk memilih KOL yang tepat.

  1. Relevansi Brand

Carilah KOL yang bergerak di bidang yang sama dengan brand Anda. Ini untuk memastikan bahwa setiap konten yang diberikan kepada KOL akan bisa diterima dengan baik oleh followersnya.

Semakin relevan bidang dan keahlian seorang KOL, maka akan semakin mudah juga mereka menyampaikan pada calon konsumen.

  1. Memiliki Banyak Followers

Jumlah followers yang dimiliki KOL yang akan Anda pilih sangat berpengaruh pada pemasaran produk Anda. Semakin banyak followers yang dimiliki, maka semakin banyak orang yang melihat brand Anda.

  1. Engagement

Followers yang banyak tidak selalu memberikan engagement yang tinggi. Oleh karena itu, cari tahu juga engagement rate dari seorang KOL tersebut untuk membantu keberhasilan strategi marketingnya.

  1. Kenali Target Audiens

Poin penting lainnya adalah mengetahui target konsumen yang akan Anda jangkau. Hal ini untuk memudahkan Anda memilih KOL yang tepat dan cocok dengan produk Anda.

Misal target brand Anda adalah millenial, maka Anda juga bisa memilih KOL seorang millenial, agar pesan bisa lebih mudah ditangkap target audiens.

Manfaat Menggunakan KOL

  1. Membantu Promosi Produk

Saat diajak bekerja sama, KOL juga akan membantu mempromosikan produk Anda melalui social media marketing. Followers mereka akan melihat dan mengenal bisnis Anda.

Jika audiens tertarik dengan produk Anda, maka mereka akan mencari tahu dan mungkin akan melakukan pembelian.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Selain meningkatkan pembelian, menggunakan KOL juga akan berpeluang meningkatkan awareness brand Anda di masyarakat. Kredibilitas KOL juga ikut membantu menjaga nama baik brand Anda.

  1. Meningkatkan Kredibilitas Brand

Seorang KOL yang dipilih tentu akan dilihat dari prestasi dan latar belakangnya sebelum diajak bekerja sama. Hal ini akan membantu meningkatkan kredibilitas brand Anda.

Ketika calon konsumen melihat promosi dari KOL Anda, makan mereka akan lebih mudah percaya rekomendasi tersebut dan akhirnya memilih brand Anda.

  1. Menambah Jumlah Pelanggan

Saat memutuskan menggunakan KOL dan kredibilitas brand Anda terus meningkat, hal itu juga dapat berpengaruh pada penambahan jumlah pelanggan. Selain bantuan promosi dari KOL, tambahan pelanggan juga disebebkan oleh testimoni positif yang disampaikan konsumen kepada orang-orang di sekitarnya.

Itulah penjelesan mengenai KOL. Anda bisa mencoba menggunakan KOL sebagai salah satu strategi marketing untuk brand Anda.

Jika Anda ingin tahu strategi lain dalam beriklan, Anda bisa klik link di bawah ini:

▶️PAKAR DIGITAL MARKETING ACADEMY

▶️BUKU PAKAR MARKETING FRAMEWORK