Cara Membuat Website / Blog

Belajar Membuat Website

PAKAR akan membahas bagaimana cara membuat website untuk bisnis Anda dengan sangat mudah. Dalam waktu kurang dari 2 jam, Anda akan bisa membangun website Anda sendiri tanpa harus mengerti bahasa pemrograman.

Bagi Anda yang merupakan seorang business owner, wajib hukumnya untuk memiliki pengetahuan mengenai Website. Pasalnya, website merupakan halaman informasi di mana para calon customer akan mempelajari bisnis dan produk-produk Anda. Di era digital ini, internet merupakan sumber informasi bagi semua orang. Tak peduli apakah usaha yang Anda miliki berbasis online maupun offline. Website merupakan salah satu faktor krusial bagi bisnis Anda.

Berbagai survey telah membuktikan bahwa Website merupakan faktor krusial dalam sebuah bisnis. Studi menunjukkan bahwa 81% pembeli akan melakukan pencarian melalui dunia maya sebelum membeli sebuah produk (sumber: Chain Store Age). Kemduan mereka akan mencari informasi dan membaca informasi dalam website anda. Tetapi 34% dari calon customer tidak akan melakukan pembelian apabila bisnis tersebut tidak memiliki website (sumber: Vistaprint Digital). Sehingga apabila bisnis Anda tidak memiliki website, besar kemungkinan bahwa Anda menutup akses untuk meluaskan pasar Anda kepada calon customer baru.

 

Apa Manfaat Website untuk Saya?

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah saya perlu Website? Jawabannya, YA.

Apabila Anda memiliki bisnis, berikut adalah manfaat website untuk bisnis Anda:

  • Membangun Citra Bisnis Anda. Website Anda bisa merepresentasikan bisnis Anda di dunia maya. Calon customer Anda akan menilai Anda dari website yang Anda miliki. Melalui website, citra bisnis Anda dapat dibangun. Oleh karena itu, jangan asal-asalan membuat website. Dalam tutorial ini, kami akan mengajarkan bagaimana cara membuat website profesional dalam waktu kurang dari 2 jam.
  • Membantu menjual produk Anda 24 jam / 7 hari. Apa yang terjadi apabila Anda hanya melayani pelanggan pada jam kerja, padahal calon customer Anda hanya sempat berbelanja di waktu senggang? Tidak ada kata siang dan malam dalam dunia maya. Dengan memiliki website, Anda dapat mempromosikan serta menyediakan informasi mengenai bisnis dan produk Anda kepada calon customer selama 24 jam.
  • Membantu memberikan informasi. Website adalah tempat untuk menaruh segala informasi. Baik itu merupakan profil perusahaan, maupun produk barang atau jasa yang akan Anda jual. Informasi akan lebih cepat dan mudah disampaikan apabila kita menaruhnya ke dalam halaman website. Calon customer Anda dapat membaca info-info yang tepat tentang Anda sehingga mereka juga bisa merasa yakin terhadap perusahaan / bisnis Anda hanya dengan mengunjungi website Anda.
  • Mendapatkan Customer Baru. Jutaan masyarakat Indonesia mengakses internet setiap harinya. Demikian juga dengan calon customer Anda. Website dapat membantu bisnis Anda untuk dikenal luas tanpa mengenal jarak dan wilayah. Dengan membuat website, calon customer dapat tanpa melihat-lihat produk barang dan jasa yang Anda jual tanpa perlu mendatangi toko offline Anda.

Apabila Anda ingin membuat website pribadi:

  • Dapat membantu karir Anda. Anda tidak pernah tahu siapa yang melihat website Anda. Tahukah Anda, bahwa karyawan pertama UBER (yang sekarang memiliki aset lebih dari 13,5 Triliun Rupiah) ditemukan melalui Twitter?
  • Dapat menjadi penghasilan pasif untuk Anda. Hal ini berada di luar jangkauan dari artikel ini, tetapi basisnya adalah, Anda harus memiliki website dengan konten yang menarik terlebih dahulu.

Mulailah untuk membuat website bersama kami. PAKAR akan menjelaskan secara step-by-step, bagaimana Anda bisa mulai membuat Website atau Blog Anda dengan sangat mudah tanpa diperlukan pengetahuan programming sama sekali. Kami akan menjelaskan cara membuat Website / Blog dengan mudah dan cepat, bahkan untuk orang gaptek sekalipun. Dalam waktu kurang dari 2 jam, Anda akan bisa membuat Website Anda sendiri.

 

Bagaimana Cara Membuat Website Dengan Mudah?

Terdapat 2 jenis website yang lumrah digunakan untuk pemilik bisnis. Yaitu website yang dibangun dari nol dengan server lokal, dan website yang dibuat dari web 2.0. Dalam kesempatan ini, kami akan menjelaskan pembuatan website yang dibangun melalui web 2.0.

Anda tidak perlu mengerti soal pemrograman apabila ingin membuat website dari web 2.0. Selain itu, meskipun Anda juga bisa membeli domain sendiri, Anda juga dapat menggunakan hosting dari luar sehingga biaya yang Anda keluarkan adalah gratis.

Pada tutorial kali ini, kami akan terfokus dalam membahas Weebly, WordPress, dan Blogger. Karena menurut kami, platform ini sudah mature dengan support yang mumpuni. Harganya cukup terjangkau (US$ 8 / bulan, dan ada versi gratisnya), sangat mudah digunakan, memiliki template yang banyak dan memiliki output HTML yang bersih sehingga bagus untuk SEO (Search Engine Optimization).

 

Apa Perbedaan Website yang Menggunakan Weebly, WordPress, dan Blogger?

Ketiga website tersebut sama-sama memiliki platform yang mudah untuk pemula. Anda bisa memulainya tanpa harus paham bahasa pemrograman. Ketiga website tersebut juga memiliki versi gratis. Sangat cocok bagi Anda yang akan memulai bisnis tanpa modal. Berikut ini kami akan melakukan perbandingan dengan membahas kelebihan dan kekurangan pada website Weebly, WordPress, dan Blogger.

Salah satu kelebihan Weebly adalah, ia merupakan web 2.0 yang memiliki sistem Drag and Drop untuk menyusun tampilan halaman website. Sehingga Anda tak perlu pusing untuk menata tampilan website Anda. Website ini memiliki berbagai template yang menarik, termasuk template untuk website e-commerce, lengkap dengan fitur keranjang belanja. Akan sangat mudah bagi Anda yang akan memulai bisnis online shop tanpa harus pusing mengenai HTML dalam membuat website. Tampilannya pun sangat menarik karena mengedepankan faktor visual, sehingga cocok untuk digunakan apabila bisnis Anda menarget anak muda.

Weebly juga memiliki beberapa kekurangan. Website ini tidak cocok untuk Anda yang ingin membuat website dari nol. Karena modifikasi dalam Weebly kurang fleksibel. Tetapi, Weebly sangat cocok bagi Anda yang bisnis kecil tanpa ingin pusing dengan personalisasi yang rumit.

Siapa yang tidak kenal WordPress? Setidaknya Anda pasti pernah sekali mengunjungi website berbasis WordPress. Banyak perusahaan besar seperti CNN, New York Times, Ebay, atau Forbes, menggunakan WordPress. Website WordPress memiliki tampilan yang formal dan terlihat profesional sehingga cocok untuk menjadi website sebuah bisnis. Selain itu, WordPress juga memudahkan website Anda untuk dimodifikasi tanpa batas dengan plugin dan fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tetapi, WordPress memiliki kekurangan, yaitu minimnya tema dan template. Anda juga tidak akan bisa menikmati fitur yang lengkap dengan layanan yang gratis, sehingga Anda harus membayar jika ingin upgrade ke WordPress premium untuk menikmati fitur lengkap.

Membangun website dengan Blogger akan ramah untuk pasar Indonesia. Karena Blogger sangat lumrah dijumpai dalam komunitas Indonesia. Selain itu, template blogger sangat banyak dan mudah untuk ditemukan. Blogger merupakan anak perusahaan dari Google sehingga hosting dan domain ditanggung Google.

Kekurangan Blogger adalah, jika Anda ingin memiliki fitur yang kaya, setidaknya Anda harus mengerti HTML. Lalu karena berada di bawah Google, website yang dibangun dari Blogger harus sesuai dengan aturan Google. Jika tidak, Anda bisa terkena pelanggaran dari Google.

Nah, setelah memahami kelebihan dan kekurangan dari ketiga website tersebut, apakah Anda sudah menentukan platform yang tepat untuk membangun website bisnis Anda? Semua platform pada dasarnya bagus, hanya saja lebih baik disesuaikan dengan jenis bisnis Anda. Tetapi jangan khawatir, PAKAR akan mengulas tutorial bagaimana cara membuat website dengan mudah dari Weebly, WordPress, dan juga Blogger. Anda tidak harus mengerti bahasa pemrograman untuk memulai website bisnis Anda. Silakan klik tautan di sidebar kanan atas untuk mulai membuat Website.

>> Chapter Selanjutnya: Cara Membuat Website dengan Weebly

Join Workshop Internet Marketing Dasar dari PAKAR

PAKAR Workshop Internet Marketing

Tingkatkan Omset Anda secara EKSPONENSIAL dengan belajar Facebook Ads, Google Ads dan E-mail Marketing langsung dari Aditya, Co-Founder & CEO PAKAR, serta pengarang dari artikel ini.

Dapatkan DISKON 35% untuk Workshop Internet Marketing Dasar dari PAKAR, hanya dengan klik tombol di bawah ini sekarang.

KLIK DI SINI UNTUK DAFTAR