Cara Membuat Iklan di Facebook

Cara Memasang Iklan di Facebook


Cara membuat iklan di Facebook, atau sering disebut sebagai Facebook Ads akan dibahas secara lengkap di sini.

Facebook Ads sendiri berdasarkan obyektif nya memiliki banyak jenis iklan, seperti Page Post Engagement Ads, Link Click Ads, Website Conversion Ads, Lead Ads dan Video Ads. Serta bisa dibagi berdasarkan placement (penempatan iklan) nya menjadi Facebook Ads dan Facebook Audience Network.

Kegunaan, kelebihan, kekurangan serta teknis pemasangan dari masing-masing iklan akan kami bahas.

Artikel ini akan sangat berguna:

  • Untuk Anda yang belum pernah memasang iklan di Facebook, Anda akan mendapatkan dasar-dasar, dan Anda akan langsung siap praktek.
  • Untuk Anda yang sudah pernah memasang iklan di Facebook, Anda akan mendapatkan banyak masukan mengenai Best Practice yang telah saya lakukan. Lengkap dengan link-link artikel berkaitan yang dapat Anda telusuri di artikel ini.

Mengapa Memasang Iklan di Facebook?

Mengapa Anda harus memasang iklan di Facebook? Ada beberapa alasan dasar:

Pengguna Facebook di Indonesia Sangat Banyak

Menurut statistik yang dirilis Facebook di akhir tahun 2015, hampir semua pengguna Internet di Indonesia mengakses Facebook. Pengguna Facebook di Indonesia mencapai angka 82 juta orang (per Kuartal IV 2015). Sedangkan total pengguna Internet di Indonesia mencapai 88 juta orang.

Angka tersebut terus bertambah. Dengan penetrasi Smartphone murah, dan jaringan 3G/4G yang jangkauannya makin luas ke seluruh daerah di Indonesia, Facebook akan semakin banyak diakses oleh orang-orang di seluruh daerah di Indonesia.

Pengguna Facebook di Indonesia

Iklan Facebook Sangat Efektif di Platform Mobile

92% dari pengguna Facebook di Indonesia mengakses nya melalui platform Mobile / Smartphone.

Facebook memiliki banyak fitur yang menjadikan iklannya sangat efektif untuk menjangkau pengguna di platform Mobile / Smartphone.

Salah satu contoh nya adalah: iklan Video di Facebook secara langsung akan menampilkan video yang kualitasnya sesuai dengan koneksi dari Smartphone yang sedang membuka Facebook.

(Baca: Cara Membuat Video Ads di Facebook)

Contoh lainnya adalah iklan Lead Ads yang akan menyodorkan Form kepada calon pelanggan Anda dengan field nama, e-mail dan nomor telpon telah terisi secara otomatis.

Ketika menggunakan Smartphone, calon customer Anda mungkin tertarik dengan yang Anda tawarkan, tetapi membutuhkan usaha lebih bagi mereka untuk memberikan e-mail mereka. Facebook membantu hal tersebut, sehingga untuk mendapatkan nomor telpon dan e-mail dari calon pelanggan Anda, calon pelanggan Anda cukup mengeklik 2 tombol tanpa harus mengetikkan datanya lagi.

(Baca: Cara Membuat Lead Ads di Facebook)

Iklan Facebook Cenderung Lebih Murah Dibandingkan dengan Iklan Google

Saya sudah menghabiskan ratusan juta hingga milyaran Rupiah di Facebook dan Google. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tetapi menurut pengalaman saya, untuk kegunaan yang sama (contoh: Remarketing / Mendapatkan Leads) iklan di Facebook masih jauh lebih murah dan efektif (apabila Anda tahu caranya) dibandingkan dengan iklan di platform lain seperti Google.

(Baca: Cara Membuat Iklan di Google)

Mentarget Calon Pelanggan Anda Berdasarkan Interest

Keuntungan ini sama hal nya dengan menggunakan Google Display Network (baca: Cara Membuat Iklan di Google Display Network).

Di mana Anda dapat mentarget orang berdasarkan Interest (Minat) dan Demografi (Umur, Status Pernikahan, Gender, dan lain-lain) mereka. Calon pelanggan Anda tidak perlu untuk mengetikkan keinginan mereka secara eksplisit (contoh: mereka tidak perlu melakukan¬†“search”), tetapi Anda dapat menampilkan iklan untuk produk yang mungkin mereka ingin beli, sesuai dengan Interest mereka.

Minat dan Demografi ini bisa sangat spesifik, contoh: Anda bisa mentarget Pria berumur 25-35 tahun yang sudah menikah dan memiliki anak di daerah Jakarta.

Facebook Remarketing kepada Orang yang Mirip dengan Pelanggan Anda

Kebanyakan orang berteman dengan orang-orang yang mirip dengan mereka. Orang-orang yang suka kuliner, akan banyak berinteraksi dengan orang-orang yang suka kuliner juga.

Apabila Anda memiliki list customer atau list orang-orang yang tertarik kepada Anda, Facebook dapat membantu untuk menampilkan dengan orang-orang yang mirip (lookalike) dengan list Anda. Mirip (lookalike) dalam hal ini berarti bisa memiliki hubungan pertemanan, memiliki interest / demografi yang serupa.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Facebook Remarketing, Anda bisa mengunjungi: Cara Menggunakan Facebook Remarketing

Bisa Memulai dengan Budget Marketing yang Sangat Minimum

Bandingkan dengan apabila Anda memasang iklan di Majalah, Koran atau bahkan Stasiun Televisi. Budget yang dikeluarkan tentu saja tidak sedikit.

Di Facebook, Anda bisa memulai dengan budget serendah Rp 25.000,- / hari nya.

 

>> Chapter Selanjutnya: Jenis-Jenis Iklan di Facebook

Join Workshop Internet Marketing Dasar dari PAKAR

PAKAR Workshop Internet Marketing

Tingkatkan Omset Anda secara EKSPONENSIAL dengan belajar Facebook Ads, Google Ads dan E-mail Marketing langsung dari Aditya, Co-Founder & CEO PAKAR, serta pengarang dari artikel ini.

Dapatkan DISKON 35% untuk Workshop Internet Marketing Dasar dari PAKAR, hanya dengan klik tombol di bawah ini sekarang.

KLIK DI SINI UNTUK DAFTAR