Jenis-Jenis Iklan di Facebook

Jenis Iklan di Facebook



Jenis-jenis iklan di Facebook bisa dibagi berdasarkan 2 kriteria, yaitu Berdasarkan Penempatan dan Berdasarkan Obyektif Iklan.

Definisi iklan di Facebook adalah iklan yang ditampilkan dengan menggunakan tools dan platform dari Facebook.

Jenis-jenis Iklan di Facebook Berdasarkan Penempatan

Berdasarkan penempatannya, iklan di Facebook dibagi menjadi 2, yaitu: Facebook Ads (ditampilkan di www.facebook.com), dan Facebook Audience Network (ditampilkan di luar website www.facebook.com).

Facebook Ads

Facebook Ads adalah iklan yang muncul dalam Newsfeed di desktop ataupun di Mobile / Smartphone, dan kolom kanan Facebook di Desktop. Berikut adalah contoh tampilan Facebook Ads:

Facebook Audience Network

Facebook Audience Network adalah iklan yang ditampilkan di website-website lain yang bekerja sama dengan Facebook.

Facebook Audience Network Ads

Jenis-jenis Iklan di Facebook Berdasarkan Obyektif

Jenis-jenis iklan di Facebook berdasarkan obyektif / tujuan nya ada cukup banyak, di sini kita akan membahas 5 Jenis Iklan yang paling sering digunakan, dan masing-masing kegunaan maupun perbedaannya.

5 jenis iklan di Facebook berdasarkan obyektif tersebut antara lain:

  1. Facebook Page Post Engagement Ads (baca: Cara Membuat Page Post Engagement Ads di Facebook)
  2. Facebook Link Click Ads (baca: Cara Membuat Link Click Ads di Facebook)
  3. Facebook Website Conversion Ads (baca: Cara Membuat Website Conversion Ads di Facebook)
  4. Facebook Video Ads (baca: Cara Membuat Video Ads di Facebook)
  5. Facebook Lead Ads (baca: Cara Membuat Lead Ads di Facebook)

Page Post Engagement Ads

Page Post Engagement (PPE) Ads berguna untuk mendapatkan Like, Comment dan Share sebanyak-banyaknya. Iklan jenis ini dapat menjangkau orang-orang baru dan mempertahankan para pelanggan yang sudah ada.

Dengan statistik insight, kita dapat mengetahui berapa orang menyukai, membagi, atau berkomentar pada iklan yang kita buat. Iklan PPE membantu kita mengerti jenis cerita dan konten yang disukai pelanggan, sehingga kita dapat menawarkan apa yang mereka sukai.

Contoh Page Post Engagement Ad:

Facebook PPE Ads

Link Click Ads

Link Click Ads berguna untuk menambah jumlah klik sebanyak-banyaknya ke situs website Anda.

Contoh Link Click Ad:

Facebook Link Click Ads

Website Conversion Ads

Website Conversion Ads berguna untuk menghasilkan Conversion (Konversi) sebanyak-banyaknya di Website Anda. Conversion yaitu mengajak pelanggan untuk bertindak lanjut. Conversion bisa berupa: Subscription, Add To Cart, Purchase ataupun hal lain yang bisa anda setting.

Contoh Website Conversion Ad:

Facebook Website Conversion Ads
Facebook Website Conversion Ads

Video Ads

Video Ads berguna untuk membuat sebanyak mungkin orang melihat Video Anda. Setelah melihat Video Anda, mereka bisa diarahkan untuk mengeklik Link Website Anda.

Contoh Video Ads:

Facebook Video Ads
Facebook Video Ads

Lead Ads

Lead Ads berguna untuk mendapatkan kontak (e-mail, nama, HP). E-mail dan Nama yang Anda berikan ke FB secara otomatis akan di pre-filled dengan data yang dimiliki oleh Facebook, sehingga hanya membutuhkan 2 klik (SIGN UP dan SUBMIT) untuk membuat Calon Customer Anda memberikan datanya kepada Anda.

Contoh Lead Ads:

Facebook Lead Ads
Facebook Lead Ads

Perbandingan dan Perbedaan Jenis-Jenis Facebook Ads

Jenis Iklan Objective Apabila Diklik Media Kreatif Tutorial
Page Post Engagement Ads Sebanyak-banyaknya Like, Comment dan Share Pergi ke Album Foto / Video di Facebook Album Foto / Video  Cara Membuat Page Post Engagement Ads di Facebook
Link Click Ads Sebanyak-banyaknya Klik ke Website Anda Pergi ke Halaman di Website Anda 1 Foto / Beberapa Foto / Video  Cara Membuat Link Click Ads di Facebook
Website Conversion Ads Sebanyak-banyaknya Conversion di Website Anda Pergi ke Halaman di Website Anda 1 Foto / Beberapa Foto / Video  Cara Membuat Website Conversion Ads di Facebook
Video Ads Sebanyak-banyaknya View untuk Video Anda Pergi ke Video di Facebook / Pergi ke Halaman di Website Anda 1 Foto / Beberapa Foto / Video  Cara Membuat Video Ads di Facebook
Lead Ads Sebanyak-banyaknya Kontak dari Calon Customer Anda Pergi ke Form 1 Foto / Beberapa Foto / Video  Cara Membuat Lead Ads di Facebook

Join Workshop Internet Marketing Dasar dari PAKAR

PAKAR Workshop Internet Marketing

Tingkatkan Omset Anda secara EKSPONENSIAL dengan belajar Facebook Ads, Google Ads dan E-mail Marketing langsung dari Aditya, Co-Founder & CEO PAKAR, serta pengarang dari artikel ini.

Dapatkan DISKON 35% untuk Workshop Internet Marketing Dasar dari PAKAR, hanya dengan klik tombol di bawah ini sekarang.

KLIK DI SINI UNTUK DAFTAR