facebook ads library

Riset Iklan Kompetitor dengan Facebook Ads Library, Lihat Caranya di Sini!

Saat ini, facebook ads sudah menjadi salah satu media sosial untuk beriklan paling efektif. Namun, sudah tahukah Anda fitur iklan bernama Facebook Ads Library?

Facebook Ads Library adalah tools yang memungkinkan Anda untuk melihat iklan kompetitor lho!

Artikel ini akan membahas pengertian, fungsi, hingga cara penggunaan facebook ads library. Yuk simak penjelasan berikut!

Apa Itu Facebook Ads Library?

Facebook ads library adalah fitur gratis Meta yang menampilkan semua iklan yang tayang di seluruh jaringan iklan Facebook seperti Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Awalnya Meta membuat fitur ini di tahun 2019 untuk alat transparansi sebagai tanggapan atas skandal iklan politik facebook ketika pemilu Amerika Serikat.

Namun seiring berjalannya waktu, facebook ads library berkembang menjadi alat paling berguna untuk melacak kompetitor Anda sambil tetap mengikuti tren pasar.

Fitur ini membuat Anda bisa melihat detail iklan mulai dari perusahaan pembuat iklan, tanggal penanyangan, platform, gambar, video, sampai copywriting.

Ada dua jenis iklan yang terdapat di Facebook ads library yaitu iklan umum seperti pemasaran produk/jasa selama statusnya masih aktif dan iklan politik yang bisa dilihat meski statusnya sudah tidak aktif.

Dengan sistem yang transparan dan gratis, facebook ads library bisa diakses siapapun sekalipun Anda tidak memiliki akun Facebook.

Fungsi Facebook Ads Library

Beberapa fungsi penting dari facebook ads library yaitu:

  1. Mendapatkan referensi iklan

Saat membuat iklan pasti Anda akan melakukan riset untuk mencari referensi dari iklan yang sudah tayang.

Dengan facebook ads library, Anda bisa lihat dan riset iklan kompetitor mulai dari segi visual, copywriting, hingga platform yang digunakan.

Refensi itu bisa Anda gunakan untuk inspirasi membuat iklan yang lebih baik lagi, unik, dan menarik bagi calon customer.

  1. Memenangkan Persaingan Bisnis

Ketika mengintip iklan milik kompetitor, Anda akan mengetahui seluk beluk iklan kompetitor yang sedang dijalankan. Setelah itu, Anda bisa menyusun strategi bisnis dengan campaign iklan yang lebih baik dan unik.

Jika berhasil, Anda bisa teruskan strategi tersebut. Namun, jika gagal, Anda bisa menyusun ulang strategi bisnis dan buat iklan yang lebih baik lagi sehingga peluang keberhasilannya akan lebih besar.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Riset Iklan Kompetitor

Ternyata riset iklan kompetitor tidak boleh asal. Ada beberapa hal wajib yang perlu Anda perhatikan, seperti:

  1. Tanggal penayangan iklan

Hal pertama yang perlu Anda lihat yaitu tanggal penayangan iklan. Pastikan Anda melihat iklan kompetitor dengan penayangan yang masih baru karena ini berkaitan dengan tren pasar.

Selain itu, tanggal tayang juga bisa menghindarkan Anda dari persaingan bisnis. Contohnya kompetitor Anda sedang menayangkan iklan berisi flash sale atau diskon pada waktu tertentu. Jika Anda berencana melakukan campaign yang sama, Anda bisa menghindari persaingan dengan memundurkan jadwal flash sale.

  1. Jenis dan platform iklan

Jenis iklan facebook yang dimaksud di sini adalah format iklan yang dipakai kompetitor seperti gambar, video, atau carousel. Selain format, Anda juga perlu lihat platform yang digunakan, karena tidak semua format iklan cocok digunakan pada semua jenis platform.

Misalnya format carousel yang lebih cocok dipasang pada instagram feeds dan video dengan aspek rasio vertikal yang cocok untuk instagram story atau facebook story.

  1. Visual Iklan

Hal yang paling menarik dari iklan yaitu visual. Visual dari iklan biasanya menggambarkan branding dari perusahaan pengiklan, seperti meme, foto before-after, hingga gambar produk dengan detail yang jelas.

Pola visual yang dipakai kompetitor bisa dijadikan referensi dalam menyiapkan materi iklan yang menarik dan lebih tepat sasaran.

  1. Copywriting iklan

Jika sudah melihat jenis, platform, dan visual iklan, berikutnya Anda harus memperhatikan copywriting yang digunakan pada iklan kompetitor. Ada beberapa komponen pada copywriting seperti headline, deskripsi, dan tombol CTA.

Saat melihat copywriting, perhatikan juga penggunaan bahasa, frasa, serta pemilihan kata ketika mempromosikan produk/jasa mereka.

Semakin banyak melihat copywriting, Anda akan lebih banyak dapat ide dan menentukan copywriting seperti apa yang paling efektif untuk diterapkan pada bisnis Anda.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Berikut ini langkah-langkah menggunakan facebook ads library:

  1. Buka situs facebook ads library

Masuk ke situs facebook ads library melalui akun facebook atau langsung menggunakan fiturnya, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.

facebook ads library

  1. Pilih lokasi target iklan

Pilih lokasi negara yang akan kamu targetkan, contohnya Indonesia. Anda juga bisa menuliskan nama negara pada kolom pencarian berikut.

lokasi target iklan

  1. Pilih kategori Iklan

Di samping kolom negara, terdapat kolom kategori. Anda dapat memilih kategori semua iklan atau kategori isu, politik, dan pemilu.

kategori iklan

  1. Filter iklan berdasarkan kata kunci

Selanjutnya, Anda bisa langsung memfilter iklan berdasarkan kata kunci yang akan Anda buat. Contohnya di sini yaitu pelatihan digital marketing.

kata kunci iklan

Jika sudah muncul seperti di atas, Anda bisa scroll sampai bawah untuk melihat semua iklan berdasarkan parameter negara, jenis, dan kata kunci iklan. Jika ingin mempersempit pencarian, gunakan fitur Filter.

  1. Filter iklan berdasarkan platform

Cara selanjutnya bisa menggunakan filter platform. Anda bisa memilih semua platform, facebook, instagram, audience network, atau messenger.

flter platform

  1. Filter iklan berdasarkan media

Setelah memilih platform, terdapat filter berdasarkan jenis media yang digunakan pada iklan. Ada beberapa media yang diguanakan seperti gambar, meme, video, teks, hingga gabungan dari beberapa media.

filter media

  1. Filter iklan berdasarkan status

Berikutnya Anda bisa filter iklan sesuai statusnya, apakah hanya ingin melihat iklan yang aktif atau beserta yang sudah tidak aktif.

filter status

 

  1. Filter iklan berdasarkan tanggal tayang

Terakhir, bagian yang bisa Anda filter adalah tanggal penayangannya. Contoh di bawah ini yaitu iklan yang tayang dari tanggal 1 Maret hingga 14 April 2023. Jika sudah klik terapkan filter untuk menampilkan hasilnya.

filter tanggal

  1. Bandingkan iklan kompetitor

Setelah semua filter diterapkan, maka muncul tampilan seperti di bawah. Hasil iklan sudah disesuaikan berdasarkan setting filter yang dipilih, mulai dari status iklan hingga tanggal. Filter berguna untuk memperkecil jangkauan riset dan hanya berfokus pada hal-hal yang ingin Anda lihat saja.

hasil filter fb ads library

Jika Anda perhatikan lebih detail, maka ada iklan dengan keterangan This ad has multiple versions. itu artinya, pengiklan menggunakan beberapa variasi gambar dan teks yang berbeda untuk satu iklan yang sama.

contoh iklan

Hal ini dikenal dengan istilah A/B Testing. A/B Testing adalah eksperimen terhadap dua atau lebih variasi produk, dalam hal ini iklan, untuk menentukan iklan mana yang lebih disukai audiens dan punya performa lebih bagus. Anda juga bisa mencoba berbagai variasi iklan, sehingga Anda punya data kinerja iklan untuk selanjutnya dikomparasi.

Itulah penjelasan mengenai facebook ads library. Yuk, gunakan fitur gratis dari meta ini untuk sukseskan iklan bisnis Anda.

Jika Anda ingin tahu strategi lain dalam beriklan, Anda bisa klik link di bawah ini:

▶️PAKAR DIGITAL MARKETING ACADEMY

▶️BUKU PAKAR MARKETING FRAMEWORK