Workshop Offline 1 Hari
Membuat SOP, KPI & Menentukan Struktur Benefit untuk Tim Sales
Optimalkan Performa Sales dengan SOP, KPI, dan Benefit yang Tepat
Manfaat Join Workshop Ini
Workshop ini dirancang khusus untuk membantu Anda membangun tim sales yang tertata, terukur, dan termotivasi — dengan sistem yang bisa dijalankan tanpa perlu Anda terus-terusan turun tangan sendiri.
Punya Sistem Jualan yang Jelas & Bisa Direplikasi
Tim Sales Jadi Lebih Terarah & Terukur
Buat Tim Semangat karena Skema Benefit-nya Fair & Menguntungkan
Apa Topik yang Akan Dibahas?
Workshop ini dirancang khusus untuk Anda yang ingin memiliki sistem kerja tim sales yang jelas dan berdampak. Mulai dari menyusun SOP & KPI yang sinkron dengan tujuan perusahaan, sampai merancang struktur benefit dan insentif yang mendorong performa dan loyalitas tim.
Session 1: Mengapa KPI Anda Gagal
Pentingnya KPI untuk Sales dalam Perusahaan
• Apa yang dimaksud dengan KPI
• Alternatif KPI yang tersedia
• Kesalahan umum seputar penerapan KPI dalam sales
Penentuan Target dengan Strategy Map dan Market Sizing
• Dasar dari Balanced Score Card
• Apa itu Strategy Map
• Mekanisme 3D dalam penentuan target sales
Session 2: Menyusun KPI dan Target Sales
Goal Setting
• Mengerti konsep dan framework goal setting dalam perusahaan
• Menghindari kesalahan umum yang terjadi dalam goal setting
Menyusun KPI tingkat Perusahaan, Departemen, dan Individual
• Praktek menyusun KPI untuk perusahaan berdasarkan BSC (dan Strategy
Map)
• Cascading KPI kepada Departemen dan Individual
• Best practice KPI
Session 3: Benefit System Development
Perancangan Sistem Remunerasi dan Benefit untuk Sales
• Incentive Program for Sales
• Mengkaitkan Incentive dengan Performance Management
Session 4: Planning Retention Program
Membuat Program Retention untuk Sales Berprestasi
• Membuat program retention sales yang memotivasi dan berkelanjutan
• Memberikan apresiasi secara tepat dan sesuai dengan hasil evaluasi
Workshop Ini Cocok untuk Siapa?
Workshop ini dirancang untuk Anda yang ingin membangun tim sales yang bisa bekerja lebih mandiri, terukur, dan berkinerja tinggi lewat sistem yang tepat dan akan bermanfaat bagi:
Ingin punya sistem kerja tim sales yang tertata & tidak lagi bergantung pada Anda.
Sedang menyiapkan struktur perusahaan untuk scale-up.
Bertanggung jawab atas performa tim, tapi belum punya KPI dan sistem insentif yang terukur.
Ingin tim lebih produktif dan terarah dengan target yang realistis.
Sedang menyusun jenjang karir, struktur gaji, dan sistem insentif yang adil untuk tim sales.
Ingin memahami metodologi 3PFP dan menyusun SOP pengembangan SDM berbasis performa.
- Merasa sistem internal masih manual dan tidak scalable.
- Perlu sistem SOP, KPI, dan benefit yang bisa direplikasi saat tim membesar.
Ingin menambah tools dan pendekatan strategis untuk membantu klien membangun tim yang solid.
Tertarik mempelajari pendekatan praktis & strategis dalam manajemen sales team.
Praktisi yang akan Membawakan Materi:
Lie Agus Chiawono, S.Kom., S.Si., CTM
(Salespreneur)
Chief Operating Officer dari TRrecPro Institute. Sebuah lembaga pelatihan tenaga kerja yang berfokus pada pelatihan soft skills terutama di bidang salesmanship, leadership, dan service excellence.
Sebelumnya merupakan seorang praktisi dunia pemasaran dan jasa keuangan selama lebih dari 19 tahun baik di perusahaan konvensional maupun start-up dengan posisi terakhir sebagai Chief Commercial Officer di sebuah perusahaan fintech pembiayaan konsumen.
Beliau berpengalaman membuat KPI dan SOP secara khusus dari berbagai bidang bisnis, seperti Perusahaan chain makanan dengan 17 cabang, Perusahaan penyelenggara event internasional (di Bali, Bangkok, KL, Seoul), Perusahaan chemical, Perusahaan produsen dan distributor pupuk, Perusahaan telekomunikasi satelit, Perusahaan maklon minuman
Beliau juga aktif sebagai Consulting di startup, seperti :
1. Startup platform mental health
2. Startup platform sales management
Selain aktif sebagai seorang professional, Agus juga merupakan co-founder dari FINCH (Financial Intelligence Curriculum for High School) yaitu sebuah inisiatif untuk memperlengkapi generasi berikut Indonesia dengan literasi keuangan, founder dari FAME (Financial and Asset Management for Executive), dan advisor di beberapa start-up pendidikan, keuangan, dan pelatihan.
Bidang yang merupakan spesialisasi Beliau, yaitu:
- Salesmanship and Communication Skills
- Business Development and Partnership
- Leadership and People Development
- Finance and Personal Finance

Jadwal Terdekat:
Waktu:
09.00 – 17.00 WIB
Tempat:
PAKAR Office
Jl. Kaji No.9, Petojo Utara, Jakarta Pusat
Berapa Investasinya?
Super Early Bird
-
Pembayaran Maksimum Senin, 21 Juli 2025
Special Price
-
Pembayaran Maksimum Kamis, 31 Juli 2025
Hanya dengan investasi di atas, Anda akan mendapatkan cara untuk menyusun SOP dan KPI yang efektif, memastikan operasional bisnis lebih terstruktur, meningkatkan produktivitas tim, serta mencapai target perusahaan secara optimal berdasarkan pengalaman dan pengetahuan praktisi yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun.
FREE BONUS
FREE E-Certificate resmi dari PAKAR seharga Rp200.000,-
FREE konsultasi dengan pembicara melalui WhatsApp Group selama 1 bulan seharga Rp2.000.000,-
Total Free Bonus: Rp2.200.000,-
Join 300.000+ Peserta yang Sudah Belajar bersama PAKAR


Testimoni Peserta yang Sudah Mengikuti Kelas Ini:
Saya mengikuti workshop PAKAR sudah 2 kali. Secara keseluruhan materi yang diajarkan sama narasumber sangat bagus sekali karena benar-benar bisa diaplikasikan dan juga bisa diimplementasikan di tempat saya bekerja. Saya sangat merekomendasikan sekali buat teman-teman semuanya untuk ikut workshop karena ilmunya sesuai banget dengan apa yang kita cari mengenai SOP & KPI.
– dr. Fika Winata (Wakil Rektor Universitas Kader Bangsa Palembang)



Join bersama Business Owner, Direktur, Manager, Staff yang sudah merasakan manfaat luar biasa dari Workshop ini.


Promo SUPER EARLY BIRD berakhir dalam:
17.500+ Review (Google) Sangat Puas dengan Program Workshop dari PAKAR
EXCELLENT rating
Based on 17663 reviewsTrustindex verifies that the original source of the review is Google. Alhamdulillah bisa Belajar di pakar, Lokasi luas gedung bertingkat Ada dispenser air minum Ada ruang buat ngopi dan ngeteh Ada permen juga Ada toilet di setiap lantai ( mungkin bisa di tambah ada tempat tisu dan kaca di dalam toiletnya ) Ada mushola Ada tempat parkir motor Ada tempat parkir mobi ( Terbatas ) Mau kelantai atas ada tangga dan LIFT, Ada beberapa cctv di setiap lantai untuk ke amanan di dalam ruangan dan di luar👍🏻 Nyaman tempatnya gedungnya bagus Lantai serasi Ruangan Ac masih Dingin Meja kursi masih bagus Di setiap meja ada colokan Ke indahan ruangan juga masih bagus Tipe Toilet bersih kering, tapi tetap ada showernya , Para stafnya ramah2 Untuk pembelajaran sebagai pemula lumayan bisa di mengerti dikit2. Jika ada yang belum bisa di mengerti, di bantu oleh stafnya, Next… Master “NextDay”2025-05-22Trustindex verifies that the original source of the review is Google. Lengkap dan pelayanan nya ramah syekaliii rudi hartono2025-02-23Trustindex verifies that the original source of the review is Google. Baik sekali Muhammad Sabandi2025-01-07Trustindex verifies that the original source of the review is Google. nice place, SEO Mastery is a quality class that I attended in this building Muhammad Fakhri Hidayat2024-11-22Trustindex verifies that the original source of the review is Google. beli disini Markuy Cell2024-07-03Trustindex verifies that the original source of the review is Google. Pakar sangat membantu kami khususnya dalam strategi ads dan marketplace ads. Terima kasih pakar atas bantuannya, PIC nya juga sangat ramah membantu kami Sales Bellywell2024-04-02
Klik tombol di bawah ini untuk pertanyaan lainnya:
Bisa, workshop ini tidak hanya untuk Anda pebisnis dengan skala besar. Anda yang baru merintis bisnis, ilmu yang dibutuhkan juga sangat relate dengan Workshop ini. Materinya bisa Anda jadikan pembelajaran untuk membuat SOP & KPI yang sesuai dengan perusahaan Anda.
Betul, kami sediakan free konsultasi dengan mentor melalui grup WhatsApp selama 1 bulan
Untuk mengikuti workshop, peserta wajib membawa laptop.
1. Refund:
* Refund akan diberikan secara penuh jika peserta memberikan pemberitahuan paling lambat maksimal 7 hari sebelum pelaksanaan workshop.
* Jika pemberitahuan diterima setelah 7 hari, akan dikenakan penalty sebesar 35% dari total pembayaran
2. Reschedule:
* Reschedule dapat dilakukan jika peserta memberikan pemberitahuan paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan workshop.
* Pemberitahuan yang diterima setelah 7 hari akan dikenakan charge sebesar 35% dari total pembayaran.
Note :
* Charge yang akan dikenakan untuk Satu Peserta Rp312,900 & Dua Peserta : Rp 555,800-
* Jika melakukan pembayaran untuk 2 peserta & melakukan refund/reschedule untuk 1 peserta maka tarif charge yang akan dikenakan untuk 1 peserta Rp312,900 (Minimal Rp. 300.000,-)
**Ketentuan Refund & Reschdule, berlaku termasuk untuk peserta yang berhalangan hadir karena adanya kegiatan / agenda lain, sakit dan keadaan darurat lain (Kecuali Bencana Alam).
Silakan hubungi kami melalui WA/Telp 0811-1802-527 (Raisya) atau DM kami melalui Instagram @pakar.id