Workshop Offline 1 Hari

Creating SOP & KPI for Entrepreneurs

Panduan Praktis Menyusun SOP & KPI untuk Operasional Lebih Terstruktur & Kinerja Tim Lebih Terukur

Jadwal Terdekat: 

Jumat, 6 Februari 2026

Manfaat Join Workshop Ini

Workshop ini dirancang khusus untuk membantu Anda membangun sistem bisnis yang rapi, efisien, dan terukur melalui penyusunan SOP & KPI yang praktis dan mudah dijalankan oleh tim.

1. Menyusun KPI yang Tepat & Realistis

2. Membuat SOP yang Praktis & Mudah Dijalankan

3. Belajar Evaluasi & Improvement untuk Pertumbuhan Bisnis

Apa Topik yang Akan Dibahas?

Chapter 1: Guide to KPI and SOP

Pentingnya KPI dan SOP untuk Perusahaan

• Apa yang dimaksud dengan SOP dan KPI?
• Alternatif KPI yang tersedia
• Kesalahan umum seputar pemahaman SOP dan KPI dalam perusahaan

Penerapan Strategy Map

• Apa itu strategy map?
• Menurunkan visi perusahaan menjadi strategy map

Balanced Score Card

• Aspek dari BSC
• Melakukan pengukuran keberlangsungan operasi perusahaan dengan menggunakan BSC

 

Chapter 2: Creating Effective KPI for Company

Goal Setting

• Mengerti konsep dan framework goal setting dalam perusahaan
• Menghindari kesalahan umum yang terjadi dalam goal setting

Menyusun KPI tingkat Perusahaan, Departemen, dan Individual

• Praktek menyusun KPI untuk perusahaan berdasarkan BSC dan Strategy Map
• Cascading KPI kepada Departemen dan Individual
• Best practice KPI

 

Chapter 3: SOP Development

Analisa Internal Process

• Konsep-konsep internal process
• Menenentukan titik pembuatan SOP

Pembuatan SOP Berdasarkan KPI

• Pentingnya SOP dan bedanya dengan intruksi kerja sejenis
• Tahapan dokumentasi SOP
• Perancangan SOP

 

Chapter 4: Evaluating KPI and SOP

Metoda Evaluasi KPI dan SOP

• Pointer dan panduan evaluasi KPI
• Pointer dan panduan evaluasi SOP
• Pengertian dan pengantar continous improvement

Promo Early Bird akan Berakhir dalam:

Hari
Jam
Menit
Detik

Siapa yang Harus Ikut?

Sebagai entrepreneur lama, workshop ini akan berguna untuk:

  • Merapikan kembali sistem operasional agar bisnis tidak hanya mengandalkan pengalaman dan intuisi, tapi punya standar kerja yang jelas.
  • Membangun KPI yang relevan dengan tahap bisnis saat ini, sehingga kinerja tim bisa diukur lebih objektif dan terarah.
  • Mempersiapkan bisnis untuk scale-up, dengan fondasi manajemen yang lebih kokoh dan siap ditinggalkan tanpa harus selalu diawasi owner.

Sebagai entrepreneur baru/calon entrepreneur, workshop ini akan berguna untuk:

  • Membangun pondasi bisnis sejak awal, sehingga operasional lebih tertata dan tidak asal jalan.
  • Belajar menyusun SOP & KPI dengan cara praktis, tanpa harus trial & error yang memakan waktu dan biaya.
  • Mencegah masalah operasional di kemudian hari, karena sejak awal sudah punya sistem kerja yang jelas dan terukur.

Sebagai profesional/leader, workshop ini akan berguna untuk:

  • Meningkatkan kemampuan manajerial, dengan memahami cara menyusun SOP & KPI yang efektif untuk mengarahkan tim.
  • Menciptakan standar kerja yang konsisten, sehingga koordinasi tim lebih rapi dan hasil kerja lebih terukur.
  • Mendorong pencapaian target perusahaan, lewat sistem penilaian kinerja yang objektif dan bisa dipantau secara berkelanjutan.
  • Ingin punya sistem kerja tim sales yang tertata & tidak lagi bergantung pada Anda.

  • Sedang menyiapkan struktur perusahaan untuk scale-up.

  • Bertanggung jawab atas performa tim, tapi belum punya KPI dan sistem insentif yang terukur.

  • Ingin tim lebih produktif dan terarah dengan target yang realistis.

  • Sedang menyusun jenjang karir, struktur gaji, dan sistem insentif yang adil untuk tim sales.

  • Ingin memahami metodologi 3PFP dan menyusun SOP pengembangan SDM berbasis performa.

  • Merasa sistem internal masih manual dan tidak scalable.
  • Perlu sistem SOP, KPI, dan benefit yang bisa direplikasi saat tim membesar.
  •  
  • Ingin menambah tools dan pendekatan strategis untuk membantu klien membangun tim yang solid.

  • Tertarik mempelajari pendekatan praktis & strategis dalam manajemen sales team.

Fasilitator:

Lie Agus Chiawono, S.Kom., S.Si., CTM
(Salespreneur & Consultant)

Chief Operating Officer dari TRrecPro Institute. Sebuah lembaga pelatihan tenaga kerja yang berfokus pada pelatihan soft skills terutama di bidang salesmanshipleadership, dan service excellence.

 

Sebelumnya merupakan seorang praktisi dunia pemasaran dan jasa keuangan selama lebih dari 21 tahun baik di perusahaan konvensional maupun start-up dengan posisi terakhir sebagai Chief Commercial Officer di sebuah perusahaan fintech pembiayaan konsumen.

 

Selain aktif sebagai seorang professional, Agus juga merupakan co-founder dari FINCH (Financial Intelligence Curriculum for High School) yaitu sebuah inisiatif untuk memperlengkapi generasi berikut Indonesia dengan literasi keuanganfounder dari FAME (Financial and Asset Management for Executive), dan advisor di beberapa start-up pendidikan, keuangan, dan pelatihan.

 

Bidang yang merupakan spesialisasi Beliau, yaitu:

  • Salesmanship and Communication Skills
  • Business Development and Partnership
  • Leadership and People Development
  • Finance and Personal Finance

Jadwal Terdekat:

Jumat, 6 Februari 2026
 

Waktu:
09.00 – 17.00 WIB

Tempat:
PAKAR Office
Jl. Kaji No.9, Petojo Utara, Jakarta Pusat

Berapa Investasinya?

1 Peserta

Rp3000000
Rp 1.500.000 /peserta
  • Masukkan kode voucher EARLYBIRDSOP saat checkout
  • Kode Voucher berlaku hanya sampai Senin, 2 Februari 2026

2 Peserta

Rp60000000
Rp 2.800.000 /peserta
  • Masukkan kode voucher EARLYBIRDSOP saat checkout
  • Kode Voucher berlaku hanya sampai Senin, 2 Februari 2026
Lebih hemat

Super Early Bird

Rp1790000
Rp 895.000 /Peserta
  • Pembayaran Maksimum Senin, 14 Juli 2025

Early Bird

Rp1790000
Rp 1.095.000 /Peserta
  • Pembayaran Maksimum Senin, 21 Juli 2025

Special Price

Rp1790000
Rp 1.295.000 /Peserta
  • Pembayaran Maksimum Kamis, 24 Juli 2025

Member Growth Dapat Mengikuti Kelas Ini Secara Gratis dan 22 Kelas Lainnya Selama 1 Tahun. Bisa Di-share untuk 3 orang

Hanya dengan investasi di atas, Anda akan mendapatkan cara untuk menyusun SOP dan KPI yang efektif, memastikan operasional bisnis lebih terstruktur, meningkatkan produktivitas tim, serta mencapai target perusahaan secara optimal berdasarkan pengalaman dan pengetahuan praktisi yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

FREE BONUS

  • FREE E-Certificate resmi dari PAKAR seharga Rp200.000,-
  • FREE konsultasi dengan pembicara melalui WhatsApp Group selama 3 bulan seharga Rp5.000.000,-

Total Bonus Rp5.200.000,- 

Promo Early Bird akan Berakhir dalam:

Hari
Jam
Menit
Detik

Join 300.000+ Peserta yang Sudah Belajar bersama PAKAR

Testimoni Peserta yang Sudah Mengikuti Kelas Ini:

Saya mengikuti workshop PAKAR sudah 2 kali. Secara keseluruhan materi yang diajarkan sama narasumber sangat bagus sekali karena benar-benar bisa diaplikasikan dan juga bisa diimplementasikan di tempat saya bekerja. Saya sangat merekomendasikan sekali buat teman-teman semuanya untuk ikut workshop karena ilmunya sesuai banget dengan apa yang kita cari mengenai SOP & KPI.
– dr. Fika Winata  (Wakil Rektor Universitas Kader Bangsa Palembang)

testi sop samuel
testi sop julius
testi sop ihsan

Ikuti kelasnya sekarang, perluas wawasan dan koneksimu !

Promo Early Bird akan Berakhir dalam:

Hari
Jam
Menit
Detik

17.500+ Review (Google) Sangat Puas dengan Program Workshop dari PAKAR

Member Growth Dapat Mengikuti Kelas Ini Secara Gratis dan 22 Kelas Lainnya Selama 1 Tahun. Bisa Di-share untuk 3 orang

Apabila ada pertanyaan, Anda dapat menghubungi:

Tentu bisa! Justru workshop ini sangat cocok diikuti sejak awal bisnis Anda berkembang. Dengan jumlah karyawan yang masih sedikit, Anda bisa langsung membangun SOP & KPI sebagai fondasi sebelum tim semakin besar. Hasilnya, bisnis jadi lebih tertata, operasional lebih efisien, dan Anda tidak perlu repot mengulang dari nol saat tim bertambah banyak.

betul, kami sediakan free konsultasi dengan mentor melalui grup WhatsApp selama 3 bulan

1. Refund:
Refund akan diberikan secara penuh jika peserta memberikan pemberitahuan paling lambat maksimal 7 hari sebelum pelaksanaan workshop.
Jika pemberitahuan diterima setelah 7 hari, akan dikenakan penalty sebesar Rp300,000,-dari total pembayaran

2. Reschedule:
Reschedule dapat dilakukan jika peserta memberikan pemberitahuan paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan workshop.
Pemberitahuan yang diterima setelah 7 hari akan dikenakan charge sebesar Rp300,000,-dari total pembayaran.

Note :
Charge yang akan dikenakan untuk Satu Peserta Rp300,000,-
Jika melakukan pembayaran untuk 2 peserta & melakukan refund/reschedule maka charge dikenakan masing-masing peserta Rp300,000,-

**Ketentuan Refund & Reschdule, berlaku termasuk untuk peserta yang berhalangan hadir karena adanya kegiatan / agenda lain, sakit dan keadaan darurat lain (Kecuali Bencana Alam).

Silahkan hubungi kami WA/Telp 0811-1802-527 (Raisya) atau instagram @pakar.id