Begini Tips Memilih Objective Campaign Facebook Ads yang Tepat dalam Mengoptimalkan Digital Marketing

[1A].Social Media Facebook

Belakangan ini, beriklan di Facebook menjadi salah satu hal penting yang perlu seseorang terapkan dalam memaksimalkan kegiatan digital marketing produk atau jasa yang ditawarkannya. Salah satu cara memaksimalkan kegiatan digital marketing yakni dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads yang mana bisa mendatangkan banyak sekali keuntungan bagi penggunanya. Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan seseorang sebelum beriklan di Facebook. Seperti halnya dalam memilih objective campaign Facebook Ads yang tepat di dalamnya.

Sekilas tentang Facebook Ads

Secara umum, Facebook Ads merupakan suatu layanan iklan berbayar yang mana dimiliki oleh platform media sosial Facebook itu sendiri. Dikenal sebagai salah satu platform media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, menjadikan Facebook kini tidak hanya sekadar digunakan untuk mengunggah status, foto maupun video saja. Akan tetapi juga bisa membantu pengguna khususnya para pebisnis dalam memaksimalkan kegiatan digital marketing dimana perlu adanya bantuan peran penyedia jasa Facebook Ads untuk hasil yang tepat dan lebih optimal.

Bahkan dengan adanya fitur Facebook Ads ini sendiri yakni dapat membantu menampilkan iklan kepada para audiens berdasarkan demografinya mulai dari jenis kelamin, pendidikan, umur, pekerjaan dan lain sebagainya. Dengan fitur iklan Facebook ini, maka seseorang bisa menentukan target konsumen lebih mudah dan tentunya tepat sasaran.

Apa saja jenis-jenis iklan di Facebook Ads

Perlu Anda ketahui, bahwa beriklan di Facebook Ads sendiri umumnya harus tahu mengenai jenis-jenis iklan yang ditawarkan di dalamnya. Hal ini sangat penting untuk digunakan agar Anda bisa menentukan jenis iklan mana yang kira-kira sesuai dengan keinginan. Adapun beberapa jenis iklan di Facebook Ads yakni sebagai berikut :

  • Page Post Engagement

Merupakan jenis iklan yang mana memudahkan pengguna dalam meningkatkan reputasi perusahaan atau bisnis yang dapat menjangkau orang-orang dengan cara memberi reaksi seperti like, komentar hingga menyebarkan status, foto, video, tautan link dan lain sebagainya.

  • Page Likes

Jenis iklan yang mana pengguna dapat membangun kepercayaan konsumen dengan produk yang dipasarkan ke khalayak umum. Biasanya, jenis iklan ini nantinya akan mengajak orang-orang untuk menyukai Facebook Page pengguna. Jika semakin banyak like yang didapatkan pada Facebook Page, maka akan semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan.

  • Traffic to Website

Yakni iklan yang mengarahkan target pelanggan untuk langsung menuju ke website perusahaan pengguna. Umumnya, jenis iklan ini akan memperlihatkan tombol Call To Action yang mengarahkan langsung pelanggan ke website perusahaan pengguna.

  • Website Conversion

Jenis iklan yang bertujuan untuk mengajak pelanggan dalam melakukan tindakan seperti halnya proses checkout, leads atau bahkan purchase. Iklan ini biasanya digunakan untuk kepentingan seminar atau launching produk baru.

  • Event Responses

Merupakan jenis iklan yang mana sangat menguntungkan dan menjanjikan bagi pengguna ketika sedang mengadakan event atau acara tertentu yang berhubungan erat dengan bisnis.

  • App Install

Yakni jenis iklan yang sangat cocok digunakan untuk pengguna yang berprofesi sebagai Developer App karena dapat mengajak para audiens untuk mengunduh aplikasi yang dibuatnya.

 

Alasan kenapa seseorang perlu menggunakan fitur Facebook Ads

Pada saat seseorang ingin menawarkan sebuah produk atau layanan di media sosial Facebook, maka fitur Facebook Ads tidak boleh diabaikan begitu saja. Terlebih lagi, saat ini Facebook juga sudah memegang Instagram sehingga iklan yang dipasang pengguna akan langsung terhubung di media sosial berlogo kamera tersebut. Umumnya, ada banyak sekali alasan kenapa seseorang perlu menggunakan fitur Facebook Ads saat beriklan. Beberapa alasan tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Dapat meningkatkan brand awareness

Alasan utama kenapa fitur Facebook Ads harus digunakan saat beriklan yakni karena fitur ini mampu meningkatkan brand awareness bagi para pelaku bisnis. Dengan banyaknya pengguna aktif yang tersebar di seluruh penjuru dunia, maka  para pebisnis bisa dengan mudah mempromosikan bisnisnya dan meningkatkan brand awareness secara luas yang mana pada akhirnya hal ini nantinya bisa mendatangkan leads yang bagus.

  • Membuat iklan lebih tertarget

Tahukah Anda, bahwa ada salah satu fitur penting di Facebook Ads yang merupakan bagian penting dalam mengatur siapa saja iklan yang akan ditargetkan pengguna. Dalam hal ini, Anda sebagai pengguna bisa membuat iklan lebih tertarget lagi dengan cara mengatur demografi mulai dari jenis kelamin, umur, pekerjaan, lokasi dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka iklan Anda nantinya akan lebih tepat sasaran kepada orang-orang yang memiliki minat terhadap brand Anda.

  •     Bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki

Alasan lain kenapa harus memakai fitur Facebook Ads ini yakni karena nantinya Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki dan keinginan Anda sendiri. Tentu saja ini akan sangat cocok digunakan bagi Anda atau bahkan orang-orang yang saat ini sedang merintis usahanya di pasaran. Hanya dengan budget yang terjangkau, maka Anda nantinya sudah bisa memasang iklan dengan fitur Facebook Ads yang mampu memperlihatkan estimasi dan jangkauan dari budget yang Anda keluarkan.

  •     Dapat menampilkan iklan ke dalam berbagai format sesuai keinginan

Pada dasarnya, Facebook Ads sendiri hadir tidak hanya menyediakan iklan dalam bentuk foto saja. Akan tetapi, disini Anda juga bisa memasang iklan ke dalam bentuk video atau juga carousel yang mana bisa berisikan berbagai kumpulan foto-foto menarik dan berkualitas. Dengan kemudahan fitur Facebook Ads yang mampu menampilkan iklan ke berbagai format inilah, maka akan menjadikan Anda semakin kreatif dalam menampilkan iklan dan dapat mempengaruhi orang-orang untuk melihatnya.

  •     Bisa mengukur keberhasilan dari iklan yang dipasang

Menggunakan Facebook Ads juga sangat berguna untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah iklan yang Anda pasang. Jika iklan sudah selesai Anda tayangkan, maka Anda nantinya bisa melihat sendiri seberapa banyak iklan dapat menjangkau orang, berapa banyak orang yang melakukan klik pada iklan dan lain sebagainya. Tentu saja ini akan sangat membantu Anda saat pemasangan iklan Facebook, bukan?

  •     Memperoleh banyak jangkauan yang lebih luas

Pada saat memasang iklan dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads, maka Anda nantinya akan dapat memperoleh jangkauan yang lebih luas lagi. Tentu saja ini akan mendatangkan target baru yang mana sebelumnya belum pernah mengenal produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, maka hal ini akan memberikan keuntungan bagi iklan Anda yang akan mendatangkan like dan komentar dari orang-orang yang melihatnya.

 

[1B].Ilustrasi Persiapan Pemasaran Produk

 

Tips cara memilih objective campaign Facebook Ads yang paling tepat

Anda perlu tahu, bahwasanya sebelum melakukan pemasangan iklan di Facebook Ads diperlukan untuk lebih dulu memahami dan mempelajari yang namanya kegunaan dari campaign di fitur Facebook Ads itu sendiri. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat campaign ini memiliki peranan penting sebagai pengoptimasi iklan pada sekelompok orang.

Dengan Anda melakukan campaign di fitur Facebook Ads yang tepat, maka nantinya Anda sendiri akan mencapai tujuan dengan mudah dan tepat. Beberapa langkah yang wajib dipersiapkan sebelum beriklan di Facebook antara lain sebagai berikut :

  • Awareness

Di tahapan ini, Facebook akan menyarankan kepada Anda untuk memasang iklan dengan anggapan agar para pengguna Facebook lain yang belum mengetahui dan mengenal Anda lebih dekat, bisa melakukan campaign mengenai brand atau produk yang Anda tawarkan. Tujuan dalam tahap ini, Facebook akan memperkenalkan dan menampilkan brand atau produk Anda sebanyak mungkin dan menjangkau lebih banyak orang sesuai dengan target audience yang Anda tentukan.

  • Consideration

Apabila target sudah cukup mengenal siapa Anda, maka selanjutnya tinggal melakukan tahap consideration. Pada tahap ini, fitur Facebook Ads akan melakukan optimasi kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan pada penawaran yang akan Anda tawarkan dan memberikan aksi seperti memberikan like, comment dan share serta mengklik iklan dan masuk ke sebuah situs website Anda.

  • Conversion

Untuk tahap terakhir yakni conversion ini, nantinya akan dilakukan optimasi iklan pada orang-orang yang memang memiliki minat atau ketertarikan untuk melakukan proses konversi. Seperti misalnya yakni dengan men-download, membeli atau bahkan mendaftar salah satunya dengan mengisi form dalam website Anda. Aksi konversi yang dilakukan dapat diketahui melalui sebuah kode pixel yang sudah dipasangkan sebelumnya di dalam situs website Anda.

Cara memahami objective pada iklan di Instagram

Setelah tahu cara memilih objective campaign di Facebook Ads, Anda juga penting untuk memahami objective campaign pada iklan Instagram. Ini penting dilakukan lantaran Facebook Ads dan Instagram Ads memiliki keterkaitan erat dalam memaksimalkan digital marketing yang Anda lakukan. Terlebih dengan memahami objective campaign pada iklan Instagram, maka Anda bisa mencapai tujuan sesuai target yang diinginkan. Agar tujuan Anda bisa lebih tertarget, simak penjelasan pentingnya berikut ini.

  • Brand Awareness

Merupakan objective campaign yang digunakan untuk memperkenalkan produk baru kepada pelanggan untuk mempengaruhi minat atau ketertarikan pelanggan.

  • Reach

Mempromosikan sebuah bisnis kepada siapa saja orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dengan biaya yang terjangkau.

  • Traffic

Pengguna akan memiliki banyak data untuk dapat menjalankan sebuah iklan yang dapat mendatangkan pengunjung pada situs websitenya.

  • App Install

Iklan yang dipasang akan dioptimasi oleh seseorang dengan tujuan agar mereka bisa mengklik iklan yang Anda tawarkan dan menuju pada sebuah link download aplikasi Anda.

  • Video View

Proses pemaksimalan pemasangan iklan dengan tujuan mencari user untuk menonton video dari iklan. Iklan dapat berupa pengenalan produk maupun detail produk bisnis yang Anda tawarkan.

  • Lead Generation

Iklan yang bertujuan untuk mendapatkan database calon customer melalui pengisian form yang berisi detail kontak personal dan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis yang Anda tawarkan.

  • Post Engagement

Pengguna bisa menampilkan post yang berkaitan dengan bisnis yang Anda tawarkan untuk mendapatkan lebih banyak interaksi berupa like, comment dan share.

  • Page Likes

Pengguna dapat melakukan promosi melalui Facebook Page untuk memperoleh like yang banyak.

  • Event Responses

Mengadakan sebuah event menarik serta dapat mengundang siapa saja orang untuk dapat mengikuti event tersebut.

  • Messages

Memudahkan pengguna dalam mem-follow up via privat chat messenger pada Facebook Page yang dilakukan secara personal dengan target audiens Anda.

  • Conversions

Merupakan sebuah optimasi iklan untuk menampilkan sebuah konversi tertentu.

  • Catalog Sales

Pengguna dapat membuat iklan yang akan ditawarkan dan dapat menampilkan sebuah produk dari katalog produk sesuai dengan target penonton Anda.

  • Store Visit

Target audience bisa mengunjungi sebuah toko untuk melihat produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada mereka.

Demikianlah ulasan lengkap yang perlu Anda simak dan perhatikan baik-baik dalam pemilihan objective campaign Facebook Ads yang dapat mengoptimalkan digital marketing bisnis Anda.