Jenis-jenis iklan di Facebook bisa dibagi berdasarkan 2 kriteria, yaitu Berdasarkan Penempatan dan Berdasarkan Obyektif Iklan.
Definisi iklan di Facebook adalah iklan yang ditampilkan dengan menggunakan tools dan platform dari Facebook.
Jenis-jenis Iklan di Facebook Berdasarkan Penempatan
Berdasarkan penempatannya, iklan di Facebook dibagi menjadi 2, yaitu: Facebook Ads (ditampilkan di www.facebook.com), dan Facebook Audience Network (ditampilkan di luar website www.facebook.com).
Facebook Ads
Facebook Ads adalah iklan yang muncul dalam Newsfeed di desktop ataupun di Mobile / Smartphone, dan kolom kanan Facebook di Desktop. Berikut adalah contoh tampilan Facebook Ads:
Facebook Audience Network
Facebook Audience Network adalah iklan yang ditampilkan di website-website lain yang bekerja sama dengan Facebook.
Jenis-jenis Iklan di Facebook Berdasarkan Obyektif
Jenis-jenis iklan di Facebook berdasarkan obyektif / tujuan nya ada cukup banyak, di sini kita akan membahas 5 Jenis Iklan yang paling sering digunakan, dan masing-masing kegunaan maupun perbedaannya.
5 jenis iklan di Facebook berdasarkan obyektif tersebut antara lain:
- Facebook Page Post Engagement Ads (baca: Cara Membuat Page Post Engagement Ads di Facebook)
- Facebook Link Click Ads (baca: Cara Membuat Link Click Ads di Facebook)
- Facebook Website Conversion Ads (baca: Cara Membuat Website Conversion Ads di Facebook)
- Facebook Video Ads (baca: Cara Membuat Video Ads di Facebook)
- Facebook Lead Ads (baca: Cara Membuat Lead Ads di Facebook)
Page Post Engagement Ads
Page Post Engagement (PPE) Ads berguna untuk mendapatkan Like, Comment dan Share sebanyak-banyaknya. Iklan jenis ini dapat menjangkau orang-orang baru dan mempertahankan para pelanggan yang sudah ada.
Dengan statistik insight, kita dapat mengetahui berapa orang menyukai, membagi, atau berkomentar pada iklan yang kita buat. Iklan PPE membantu kita mengerti jenis cerita dan konten yang disukai pelanggan, sehingga kita dapat menawarkan apa yang mereka sukai.
Contoh Page Post Engagement Ad:
Link Click Ads
Link Click Ads berguna untuk menambah jumlah klik sebanyak-banyaknya ke situs website Anda.
Contoh Link Click Ad:
Website Conversion Ads
Website Conversion Ads berguna untuk menghasilkan Conversion (Konversi) sebanyak-banyaknya di Website Anda. Conversion yaitu mengajak pelanggan untuk bertindak lanjut. Conversion bisa berupa: Subscription, Add To Cart, Purchase ataupun hal lain yang bisa anda setting.
Contoh Website Conversion Ad:
Video Ads
Video Ads berguna untuk membuat sebanyak mungkin orang melihat Video Anda. Setelah melihat Video Anda, mereka bisa diarahkan untuk mengeklik Link Website Anda.
Contoh Video Ads:
Lead Ads
Lead Ads berguna untuk mendapatkan kontak (e-mail, nama, HP). E-mail dan Nama yang Anda berikan ke FB secara otomatis akan di pre-filled dengan data yang dimiliki oleh Facebook, sehingga hanya membutuhkan 2 klik (SIGN UP dan SUBMIT) untuk membuat Calon Customer Anda memberikan datanya kepada Anda.
Contoh Lead Ads:
Perbandingan dan Perbedaan Jenis-Jenis Facebook Ads
Jenis Iklan | Objective | Apabila Diklik | Media Kreatif | Tutorial |
---|---|---|---|---|
Page Post Engagement Ads | Sebanyak-banyaknya Like, Comment dan Share | Pergi ke Album Foto / Video di Facebook | Album Foto / Video | Cara Membuat Page Post Engagement Ads di Facebook |
Link Click Ads | Sebanyak-banyaknya Klik ke Website Anda | Pergi ke Halaman di Website Anda | 1 Foto / Beberapa Foto / Video | Cara Membuat Link Click Ads di Facebook |
Website Conversion Ads | Sebanyak-banyaknya Conversion di Website Anda | Pergi ke Halaman di Website Anda | 1 Foto / Beberapa Foto / Video | Cara Membuat Website Conversion Ads di Facebook |
Video Ads | Sebanyak-banyaknya View untuk Video Anda | Pergi ke Video di Facebook / Pergi ke Halaman di Website Anda | 1 Foto / Beberapa Foto / Video | Cara Membuat Video Ads di Facebook |
Lead Ads | Sebanyak-banyaknya Kontak dari Calon Customer Anda | Pergi ke Form | 1 Foto / Beberapa Foto / Video | Cara Membuat Lead Ads di Facebook |
>> Chapter Selanjutnya: Membuat Iklan Pertama Anda di Facebook
<< Chapter Sebelumnya: Cara Membuat Iklan di Facebook (Intro)