Cara Tracking Visitor Website (WordPress)

Artikel ini termasuk dalam seri tutorial PAKAR mengenai bagaimana cara membuat website/blog secara mudah selama kurang dari 2 jam.

Untuk berjalan ke sebuah tujuan, Anda butuh tahu posisi Anda sedang berada dimana. Anda juga harus mengetahui lingkungan sekitar agar tidak mengira-ngira dengan keadaan. Tentu dibutuhkan data dan informasi untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja pada website.

Tahukah Anda bahwa Anda dapat dengan mudah membaca demografi pengunjung website dengan tracking? Salah satu alat yang bisa kita gunakan adalah Google Analytics.

Cara Daftar Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah aplikasi dari Google untuk tracking. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena selain gratis, berkualitas, juga mudah untuk membaca data. Akan sangat bermanfaat bagi pemilik website.

Cara daftarnya adalah dengan masuk ke akun Google Anda terlebih dahulu. Kemudian pergi ke analytics.google.com, klik Sign Up.

Setelah itu, akan muncul tampilan seperti di bawah ini,

Pastikan Anda memilih Website. Kemudian isi nama akun, nama website, dan url website Anda.

Pada kolom Industry, pilih industri bisnis Anda. Pilih time and zone Indonesia. Dan klik setuju pada privacy policy. Tunggu hingga muncul tampilan baru.

Jika scroll ke bawah, terdapat kode Google Analytics yang bisa dipasang pada website Anda. Akan tetapi jangan khawatir apabila Anda tidak mengerti cara memasang kode tersebut. Abaikan saja, kita bisa langsung menginstall plugin Google Analytics ke dalam WordPress.

Cara Memasang Google Analytics Pada Website

Masuk ke halaman dashboard WordPress, kemudian menuju Plugins > Add New. Ketik Google Analytics WD, klik Install Now.

Setelah menginstall, akan muncul menu baru bernama Analytics pada sidebar dashboard Anda. Klik Authenticate untuk mengizinkan plugin terhubung dengan akun Google Analytics Anda. Klik Allow.

Setelah itu akan muncul pop up yang berisi kode pelacakan. Copy kode tersebut, dan paste pada kolom yang tersedia. Kemudian klik submit.

Anda sudah bisa dapat laporan akun Google Analytics Anda secara langsung melalui dashboard WordPress Anda.

Join Workshop Internet Marketing Dasar dari PAKAR

PAKAR Workshop Internet Marketing

Tingkatkan Omset Anda secara EKSPONENSIAL dengan belajar Facebook Ads, Google Ads dan E-mail Marketing langsung dari Aditya, Co-Founder & CEO PAKAR, serta pengarang dari artikel ini.

Dapatkan DISKON 35% untuk Workshop Internet Marketing Dasar dari PAKAR, hanya dengan klik tombol di bawah ini sekarang.

KLIK DI SINI UNTUK DAFTAR