3 Cara agar website anda tetap berjalan normal ketika traffic tinggi

Semakin website berkembang, Anda sebagai pemilik website harus mulai merencanakan infrastruktur website dengan baik agar pengunjung tetap mendapatkan “user-experience” yang baik saat datang ke website Anda. Ketika ada banyak pengunjung yang datang ke website anda, server akan semakin bekerja keras sehingga menyebabkan website sulit untuk diakses. Terlebih lagi semakin banyaknya pengunjung, potensi resiko, seperti hacker yang dapat meretas website Anda, akan semakin besar.

Untuk itu agar website Anda tetap bisa berjalan normal meskipun banyak pengunjung atau traffic, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  1. Memilih Server Hosting yang tepat

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mencegah website Anda down saat banyak pengunjung, adalah dengan memilih server hosting yang tepat. Memilih hosting jangan hanya bergantung pada harga yang murah saja. Banyak faktor-faktor lain yang menjadi pertimbangan dalam memilih hosting yang tepat. Contohnya, memiliki komunitas pendukung yang bagus sehingga dapat membantu ketika ada permasalahan, memiliki tempat penyimpanan SSD yang dapat membantu untuk mempercepat akses ke website, serta berbagai faktor lainnya

  1. Menggunakan Content Delivery Network (CDN)

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN), terutama jika website anda memiliki banyak aset. CDN dapat membantu mempercepat akses ke website anda dengan cara menyimpan aset Anda dalam kumpulan server-server yang terletak di beberapa negara. Dengan ini, request yang dilakukan oleh pengunjung tidak harus menuju server utama, tetapi akan dialihkan ke server yang terletak lebih dekat dari tempat pengunjung.

  1. Perhatikan “client errors”

Pemilik website harus secara berkala memeriksa website mereka untuk memastikan tidak banyak “client errors” yang terjadi ketika website sedang dikunjungi. Client errors adalah ketika pengunjung sedang berkunjung ke website Anda dan mengunjungi halaman yang sudah tidak ada, mereka dialihkan ke halaman “404 Not Found”. Jika hal ini terjadi, maka pengunjung website Anda akan kecewa karena ekspektasi mereka adalah berkunjung ke halaman website yang tepat.

Itulah 3 cara yang dapat Anda lakukan agar website Anda dapat berjalan dengan normal meskipun traffic sedang tinggi.

 

Disadur dari: templatemonster