3 Cara Cepat Mengetahui Level Integritas Karyawan Anda

Sangatlah penting untuk Anda bisa mengetahui seberapa bisa dipercaya nya karyawan / kolega Anda. Apalagi orang-orang yang menduduki jabatan penting seperti Manager, atau bahkan Direktur.

Berikut adalah 3 cara cepat dan praktis yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda untuk mengetahui integritas karyawan / kolega Anda.

#1: LAKUKAN TEST SECARA TERSEMBUNYI

Hal ini sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, contoh:

  • Untuk Teller Bank / Kasir, selipkan uang dengan jumlah yang cukup banyak ke mereka sebelum dilakukan opname. Apakah Teller ybs akan jujur dan memberitahu orang tersebut kalau uang yang diberikan terlalu banyak atau tidak. Idealnya, berikan nominal yang besar (contoh: USD 100).
  • Untuk bidang Sales, suruh orang Anda untuk menyamar menjadi customer. Tawar barang habis-habisan hingga di bawah harga yang bisa perusahaan Anda jual. Coba dipancing, suruh orang Anda untuk mengatakan tidak harus pakai barang dari perusahaan Anda, yang penting murah. Coba dilihat apakah order akan dilempar ke barang perusahaan kompetitor.
  • Untuk bidang Finance, suruh orang Anda untuk menjual barang ke perusahaan Anda, kemudian coba pancing-pancing Finance Anda untuk menerima uang sebagai imbal jasa pembayaran dipercepat. Atau selipkan kesalahan yang apabila dibiarkan dapat menguntungkan mereka, coba dilihat apakah mereka raise masalah ini ke Anda.
  • Untuk bidang Purchasing, suruh orang Anda untuk menyamar menjadi penjual dan tawarkan komisi sebagai imbal jasa perusahaan Anda membeli barang orang tsb.

#2: LIHAT TRACK RECORDNYA

Apabila karyawan / kolega Anda pernah bekerja di perusahaan lain, coba selidiki beberapa hal berikut:

  • Alasan mereka keluar dari perusahaan tersebut.
  • Track record mereka di perusahaan tersebut. Terkadang, penyelewengan yang dilakukan oleh seseorang, baru ketahuan setelah orang tersebut telah meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja sebelumnya.

#3: LIHAT GAYA HIDUP MEREKA

Perhatikan gaya hidup dari karyawan / kolega Anda, apabila ada sesuatu yang terasa janggal, atau berlebihan. Gaya hidup tersebut bisa dinilai dari salah satu hal ini: mobil, HP, rumah, furniture,  sepeda motor, dan lain-lain.

Salah satu Direktur perusahaan besar memberikan saya saran: secara rutin, kunjungi rumah pegawai Anda. Ada 2 alasan, pertama adalah memang untuk bersilaturahmi dan mempererat hubungan, tetapi yang kedua adalah untuk mengukur gaya hidup seseorang.

Demikian 3 cara praktis untuk mengetahui Integritas dari Karyawan / Kolega Anda.

Anda ingin belajar lebih banyak mengenai topik HRD?

Dapatkan Akses Perdana ke PAKAR Academy, Website Online Training GRATIS pertama di Indonesia. Launching Februari 2017.

[ninja-popup ID=5039]YA, saya mau akses ke Training GRATIS[/ninja-popup]