4 Hal Penting Perencanaan Branding di Media Sosial

Penggunaan media sosial sekarang ini tidak hanya untuk personal saja, namun sudah merambah ke dunia bisnis. Berbagai merek melibatkan media sosial untuk branding. Jika Anda berniat untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini:

1. Tentukan Platform

Anda perlu mengidentifikasi platform/media sosial apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengamati bahwa audiens di platform tertentu dapat berbeda. Anda dapat menentukan berdasarkan keefektifan seperti platform mana yang paling dapat mencapai target audiens yang Anda inginkan.

2. Buat Jadwal Konten

Dengan menyiapkan konten yang rutin akan menunjukkan konsistensi dan ciri khas Anda di media sosial. Seperti misalnya setiap Jumat Anda memposting konten yang berkaitan dengan profil penulis. Poin penting yang perlu Anda perhatikan adalah menjadwalkan strategi promosi produk Anda, sehingga tidak terlihat seperti spam yang terus-menerus. Hal ini dapat menjaga audiens dan merek Anda.

3. Cantumkan Hashtag

Hashtag yang dicantumkan pada konten seharusnya memiliki relevansi dengan konten ataupun dengan merek Anda. Aplikasi seperti TagCrowd dan RiteTag dan membantu Anda dalam mengevaluasi hashtag potensial yang mungkin Anda lewatkan serta memeriksa keberadaan hashtag yang tumpang tindih sehingga mengancam merek Anda.

4. Berinteraksi dengan Followers

Sesuai dengan namanya, media sosial dapat digunakan untuk bersosialisasi. Oleh karena itu, manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan followers Anda.  Anda dapat membangun hubungan dengan meminta mereka untuk berbagi atau mengomentari konten Anda. Selain itu, Anda juga perlu untuk membalas komentar dari followers Anda.

Jadi, apakah Anda sudah siap membangun merek dengan bantuan media sosial, sobat Pakar?

Diolah dari marketingtechnews.net