Tips Email Marketing yang Efektif

Pada dasarnya, konsumen ingin untuk tetap berhubungan dengan Anda, namun pemasar harus melakukannya dengan cara yang dapat memberikan nilai bagi konsumen. Berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat mengirimkan email marketing yang efektif:

1. Berhenti Memperlakukan Konsumen seperti Manusia Tanpa Nama

Kesalahan umum yang jarang disadari oleh pemasar adalah konsumen tidak suka dianggap manusia tanpa nama. Konsumen ingin dilihat sebagai pribadi yang unik. Daripada hanya mengirim email yang sama kepada semua orang, akan lebih baik jika Anda melakukan segmentasi pada daftar email. Dengan demikian para konsumen akan merasa bahwa Anda dapat membaca pikiran mereka saat itu.

2. Perhatikan Riwayat Konsumen

Riwayat konsumen menjadi lebih penting di dunia marketing. Perilaku konsumen akan memberikan informasi tentang apa yang sedang mereka cari.

3. Optimalkan dan Lakukan Tes Ulang

Anda harus selalu mengoptimalkan dan melakukan tes ulang dari kampanye email yang ada. A/B testing campaigns mudah untuk dilakukan dari daftar provider mailing Anda.  Anda dapat menghasilkan statistic yang terperinci untuk kampanye berikutnya. Testing akan efektif membantu Anda untuk memastikan strategi berjalan ampuh.

4. Berikan Ruang untuk Konsumen

Konsumen tidak ingin dibombardir dengan email promosi setiap harinya. Berikan mereka jeda dan jangan sampai mereka merasa terganggu oleh Anda.

Jadwalkan waktu mengirim email berdasarkan umpan balik dari konsumen. Anda dapat menyediakan formulir yang dapat membantu untuk melihat seberapa sering konsumen bersedia untuk dikontak. Jika mereka hanya menginginkan sebuah email dalam seminggu, maka Anda jangan mengirim email dua kali dalam seminggu.

5. Jangan Bergantung pada Sistem Otomatis

Email automation adalah resep penting untuk setiap email kampanye yang baik. Namun, hal ini tidak berarti Anda harus menerapkannya. Anda dapat menggunakannya untuk eliminasi proses yang sebelumnya pada kampanye pemasaran. Jadi, tidak seharusnya keberadaaan Anda digantikan oleh email automation.

6. Bersiap dengan Sistem Mobile

Semua email yang Anda kirimkan seharusnya dapat disesuaikan dengan akses melalui perangkat seluler. Email tersebut harus dapat disesuaikan secara otomatis pada layar smart-phone para konsumen. Suatu keberuntungan bagi Anda karena di saat sekarang menyesuaikan dengan perangkat seluler sudah menjadi lebih mudah. Pada umumnya emailing list provider akan menyediakan mailing campaigns bagi Anda.

Dengan menerapkan tips di atas, para konsumen yang menerima email akan lebih merasa dihargai, bukan hanya dijadikan sebagai objek target penjualan. Selain itu, email tersebut juga lebih bermanfaat karena memiliki target yang lebih jelas.

Selamat mencoba, Sobat Pakar!

Sumber: diolah dari Forbes