Tips Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Meningkatnya daya beli masyarakat melalui jalur online menyebabkan semakin berkembangnya marketplace seperti Lazada, Tokopedia, hingga Shopee. Agar peluang Anda sebagai pelaku usaha di marketplace menjadi lebih besar, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tampilan

Foto produk memegang peranan penting di dunia online. Penggunaan foto yang dihasilkan sendiri, bukan dari Google akan lebih meyakinkan customer. Untuk produk dalam industri tertentu seperti fashion, foto produk dapat diambil dari berbagai angle, mulai dari terlihat keseluruhan hingga detail produk. Jika suatu produk terdapat beberapa warna, Anda dapat mengunggah semua jenis warna sehingga lebih spesifik.

2. Nama

Nama produk sebaiknya tidak terlalu umum dan juga tidak terlalu spesifik agar mudah ditemukan dari search engine seperti Google. Sebagai contoh, Anda dapat memasukan nama produk seperti “Kemeja Kotak Katun Biru” dan jangan memasukan kode produk yang berupa angka seperti di katalog.

3. Deskripsi

Ada banyak produk yang serupa dengan harga bersaing di marketplace sehingga deskripsi yang spesifik akan menjadi kelebihan Anda. Anda dapat membuat deskripsi berupa paragraph mengenai pemakaian produk dan paragraf lain berupa spesifikasi produk.

4. Sistem Retur

Jika produk Anda termasuk kategori produk rentan, Anda sebaiknya memberitahukan apakah Anda menyediakan fasilitas retur dan/ atau asuransi. Sehingga ketika terjadi kerusakan, Anda tidak dikomplain.

5. Varian Produk

Semakin banyak pilihan produk, toko offline Anda semakin menarik untuk dikunjungi. Jika Anda menjual kaos, pastikan model kaos Anda up to date dan perbanyak pilihan warna.

6. Komitmen

Cek produk Anda sebelum dikirim ke konsumen dan kemas dengan rapi. Anda juga dapat memberikan sentuhan emosional berupa kartu ucapan terima kasih atau bonus untuk pembelian dengan kuantitas banyak. Dengan begitu, konsumen akan kembali dan melakukan pembelian di toko Anda lagi.

Artikel ini diolah dari entrepreneur.bisnis.com