Kendalikan Semua Perangkat dalam Genggaman Menggunakan IoT (Internet of Things)

Dahulu semua hal dilakukan dengan cara manual. Sehingga ketika melakukan sebuah aktivitas, manusia membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Tetapi dengan hadirnya internet, semua berubah menjadi hal yang tidak pernah dibayangkan manusia sebelumnya.

Informasi dapat dicari dan disebar secara cepat melalui internet. Kita dapat lebih efisien dalam menggunakan waktu kita.   Hal ini merupakan bukti bahwa dampak perkembangan teknologi sangat berguna dan berkembang pesat bagi kehidupan sehari-hari.

Seiring dengan berjalannya perkembangan teknologi, saat ini dunia sedang memasuki fase teknologi terbaru yakni teknologi berbasis Internet of Things (IoT). Kehadiran internet membuat hidup kita lebih mudah, tetapi Internet of Things dapat lebih mempermudah lagi. Karena dalam proses pengerjaannya, semua bisa serba otomatis tanpa campur tangan manusia.

Apa itu Internet of Things (IoT)?

Akhir-akhir ini istilah IoT sudah mulai banyak digunakan. Namun masih banyak orang yang belum mengerti apa arti dari IoT.

Pada dasarnya, IoT akan membuat semua perangkat selalu aktif dan terhubung melalui jaringan internet. Sehingga semua perangkat tersebut dapat diakses melalui smartphone atau komputer/laptop. Teknologi IoT menghubungkan semua perangkat dengan jaringan internet sehingga dapat saling “berkomunikasi”.

Perangkat tersebut juga bisa ditanamkan dengan berbagai sensor, misalnya sensor suhu, sensor kelembapan, sensor gerak, dan masih banyak lagi. Misalnya, alat kamera pengawas (CCTV) yang sudah terintegrasi dengan sensor gerak. CCTV dapat mendeteksi apabila ada pergerakan yang tidak wajar sehingga secara otomatis dapat memberikan notifikasi pada kita.  Alat tersebut akan selalu terhubung melalui internet sehingga kita dapat memantau secara  dari manapun dan kapanpun secara real time melalui smartphone atau komputer/laptop.

Tidak hanya dalam hal keamanan, IoT juga dapat diterapkan dalam semua sisi kehidupan manusia. Kita bisa bayangkan betapa besarnya potensi perkembangan IoT ini. Dalam waktu dekat, IoT akan segera melesat di pasaran. Dan pada tahun 2020, diperkirakan sebagian besar perangkat di sekitar kita akan berbasis IoT.

IoT menggunakan metode nirkabel sehingga kita bisa dengan mengontrol perangkat IoT tanpa terbatas oleh jarak. Salah satu alat yang paling efektif untuk memantau perangkat IoT adalah melalui smartphone. Developer juga bisa membuat aplikasi untuk mengontrol sensor yang ada dalam perangkat IoT.

Contoh lain dari perangkat IoT adalah rumah yang sudah berbasis IoT. Pemilik rumah dapat mengendalikan alat-alat rumah seperti AC, kulkas, televisi, lampu, bahkan jendela melalui smartphone. Ketika pemilik rumah ingin tidur, lampu kamar dapat dimatikan hanya dengan menekan tombol di smartphone. Begitu pula jika pemilik rumah ingin keluar rumah. Pintu rumah dapat dikunci hanya dengan menekan tombol di smartphone. Hal ini umum disebut dengan smart home.

Dari contoh-contoh diatas, kita dapat melihat bahwa IoT membawa banyak manfaat. IoT membuat hidup kita lebih mudah dan cepat. Semua aktivitas dapat dikerjakan lebih efisien tanpa menghabiskan banyak waktu dan energi.

sumber: gravitime.net