5 Proyek yang Dapat Dilakukan dengan Raspberry Pi

Raspberry Pi, atau yang lebih sering disingkat menjadi RPi merupakan Single Board Computer (SBC) yang memiliki ukuran kecil menyerupai kartu pelajar atau kartu ATM. Meskipun ukurannya kecil, RPi memiliki fitur-fitur lengkap yang biasa Anda temukan pada komputer seperti prosesor, RAM, dan port hardware. Bahkan Anda juga bisa menambahkan perangkat lain dalam Raspberry Pi seperti sensor dan kamera.

Dengan banyaknya fitur perangkat yang dimiliki Raspberry Pi, Anda dapat memodifikasi perangkat ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga harganya akan jauh yang lebih murah dari sebuah perangkat elektronik normal. Berikut adalah 5 contoh proyek yang bisa Anda lakukan dengan Raspberry Pi:

1. Home Automation System

Salah satu kelebihan Raspberry Pi adalah kemudahan untuk menambah fitur lebih dari yang diberikan pada awalnya. Sebagai contoh kita dapat menambahkan sensor-sensor seperti sensor gerak, sensor suhu, dan sensor- sensor lainnya. Sehingga hal ini memungkinkan Raspberry Pi berfungsi sebagai smart home system atau sistem rumah pintar. Dengan ini Raspberry Pi dapat secara otomatis membantu mengontrol suhu ruangan, menutup pintu secara sendiri, dan memberitahu penghuni rumah jika terdapat orang di depan pintu rumah.

 2. Mini PC

Spesifikasi Raspberry Pi selalu berkembang dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Kini kita dapat memanfaatkan RPi sebagai mini PC. Secara spesifikasi, Mini PC memang tidak dapat dibandingkan dengan sebuah komputer desktop normal. Namun Mini PC sudah cukup bila Anda ingin mengedit dokumen atau menjelajahi website. Karena bentuk RPi yang kecil, akan memungkinkan bagi pengguna untuk membawa komputer kecil kemanapun mereka mau.

3. Digital Picture Frame

Membeli frame foto digital bisa mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Terlebih lagi, sangat sulit untuk mencari frame digital yang sesuai dengan keinginan kita. Andy Jagoe telah berhasil membuat frame foto digital dari Raspberry Pi hanya dengan mengeluarkan setengah biaya dari frame foto digital asli. Frame foto digital buatannya memiliki fitur yang lebih banyak. Tidak hanya dapat menampilkan foto, tapi juga dapat menampilkan laporan cuaca, musik, dan film. Pembuatan frame foto digital ini hanya menghabiskan waktu beberapa jam. Jadi, proyek ini sangat cocok untuk pemula.

4. Home Media Center

 

Kita dapat memasang operating system OSMC di Rasberry Pi untuk mengubah RPi menjadi Media Center. Sehingga kita bisa memainkan aneka film, musik, foto, dan bahkan menjelajahi situs Youtube. RPi memiliki port HDMI sehingga memungkinkan kita untuk menonton film HD atau Full-HD di dalam TV lawas.

5. File Server / Network Attached Storage (NAS)

Dengan pengaturan yang tepat, Raspberry Pi dapat digunakan sebagai File Server. Kita bisa menghubungkan Hard Disk / Flash Disk kita melalui USB Port dengan sistem yang berbasis Samba untuk menjadikan Raspberry Pi sebagai media penyimpanan data di jaringan. Dengan ini kita bisa berbagi file, film, dokumen, musik, dan foto kepada orang-orang yang berada di dalam jaringan. Baik itu jaringan rumah atau jaringan kantor.

Disadur dari: it-jurnal.com