3 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Takut Masuk Sekolah Seni

Kamu tertarik dengan seni dan ingin melanjutkan pendidikan di sekolah seni? Tetapi kamu ditentang orang tua, merasa tidak punya bakat, atau sering mendengar bahwa lulusan seni tidak punya masa depan? Tidak perlu takut, terus ikuti kata hati kamu.

Jurusan seni masih dianggap sebagai langkah yang kurang tepat, karena pada umumnya masyarakat masih memandang dengan sebelah mata. Faktanya, terdapat beberapa faktor yang belum banyak diketahui orang. Berikut ini adalah 3 alasan mengapa kamu tidak perlu takut masuk sekolah seni:

1. Prospek Karir

Siapa bilangĀ jurusan seni tidak tahu masa depan? Faktanya, orang dengan latar belakang seni dinyatakan lebih memiliki prospek masa depan dan memiliki penghasilan lebih layak. Selain itu menurut Jennifer Lena, profesor jurusan seni dari Columbia University, lulusan seni dianggap lebih siap dalam menghadapi persaingan karir. Jangan salah, gaji rata-rata seseorang dari jurusan visual dan performing arts bisa mencapai puluhan juta per bulannya.

2. Kemampuan yang tak akan kamu dapatkan di jurusan lain

Tahukah kamu? Lulusan seni cenderung memiliki kemampuan lebih untuk memecahkan masalah dan kemampuan lebih dalam berpikir kritis. Hal ini terjadi karena proses berpikir kreatif mereka terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Lulusan seni cenderung dapat mengambil keputusan secara cepat dan dapat berpikir kreatif dalam memecahkan masalah.

3. Seni bukan soal bakat

Banyak orang memiliki passion atau minat dalam seni, tetapi merasa tidak memiliki bakat. Hal ini sering timbul karena pengaruh dari lingkungan sekitar yang kurang mengerti tentang sebuah proses kreatif, akhirnya orang-orang tersebut mengurungkan niatnya untuk mendalami jurusan seni.

Faktanya, seni itu adalah soal proses yang berkesinambungan. Banyak orang yang berkecimpung di dalamnya mengandalkan kerja keras dan ketekunan dibanding bakat. Seni bukan tentangĀ berbakat atau tidak, melainkan mengembangkan pola pikir kreatif yang sesuai dengan ekspresi tiap individu yang melakukannya. Memiliki ā€œbakatā€ bukan lah jaminan kamu bisa menjadi sukses. Karena untuk bisa menjadi kreatif, membutuhkan usaha yang lebih besar dari sekadar bakat.

Jadi, tidak perlu takut untuk masuk sekolah seni šŸ™‚