3 cara membangun team building yang baik

Team building yang baik dapat meningkatkan performa kerja dan meningkatkan motivasi karyawan. Berikut ini adalah 3 langkah yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda untuk membangun team building yang baik.

1. Pastikan Komunikasi Lancar

Komunikasi yang baik dapat membantu agar karyawan dapat lebih dekat dalam bekerja sehari-hari. Mengadakan meeting setiap hari dapat membuat adanya transparansi dan dapat menyamakan persepsi antar karyawan. Jika dalam tempat kerja banyak percakapan antar sesama karyawan, hal ini akan menghasilkan efek positif dalam performa kerja.

2. Lakukan Rotasi Pekerjaan

Rumput tetangga selalu tampak lebih hijau. Begitu pula karyawan ketika melihat departemen, posisi, dan jabatan lain dalam pekerjaan. Akan tetapi, setiap departemen tentu memiliki kesulitannya masing-masing.  Membolehkan karyawan untuk mengembangkan dan mengeksplor peran lain memiliki banyak keuntungan. Rotasi pekerjaan dapat me-refresh team dan juga karyawan secara individu. Selain itu, rotasi pekerjaan juga dapat menumbuhkan empati dan kolaborasi antar tim, yang nantinya akan menciptakan lingkungan positif.

Lihat disini : Workshop Human Resource

3. Memberikan Kepercayaan

Menciptakan lingkungan kerja yang loyal dan dekat antar sesama karyawan memang penting. Tetapi memberikan kepercayaan antar karyawan dapat membantu karyawan untuk menjadi lebih akrab. Mengenal karyawan dalam level personal dapat membuat suasana kantor menjadi lebih bahagia. Anda bisa mengajukan acara-acara seperti team outing agar karyawan menjadi lebih solid ketika kembali dalam bekerja. Aktivitas rekreasi seperti jalan-jalan dan berolahraga bersama dapat mencairkan suasana dalam tempat kerja.

Nah, itulah 3 hal yang dapat Anda terapkan dalam tempat kerja Anda untuk membangun team building yang baik. Anda bisa terapkan ke dalam lingkungan tempat kerja agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang dapat memotivasi dan meningkatkan performa kerja.