Pentingnya Online Review Untuk Bisnis Anda

Berbisnis dalam Marketplace sedang marak saat ini. Hanya dengan bermodal smartphone atau laptop dengan koneksi internet, Anda dapat membeli apapun yang dibutuhkan. Kemudahan seperti inilah yang mendorong customer untuk lebih memilih berbelanja produk secara online.

Namun tahukah Anda bahwa 89% customer mencari sumber melalui internt dan melihat review online sebagai bahan pertimbangan untuk berbelanja. Sedangkan 80% customer lainnya akan merubah pikiran untuk membeli ketika melihat adanya review buruk pada produk tersebut. Begitu juga perbedaan satu bintang pada rating akan mempengaruhi penjualan.

Oleh karena itu, hal utama yang harus diperhatikan dalam berbisnis adalah bagaimana gambar produk dan review penjualanan. Dimana saat ini gambar produk yang menarik dan review positif akan sangat membantu untuk peningkatan penjualanan produk, karena bisnis online didasari dengan rasa percaya antara penjual dan pembeli.

Berikut adalah 3 poin yang pentingnya review online terhadap penjualan produk Anda:

1. Sebagai Bahan Evaluasi

Respon yang diberikan oleh customer kepada penjual terhadap pembelian produk dapat berupa review tertulis secara online. Apapun respon yang diberikan baik positif atau negatif dapat menjadi bahan evaluasi bagi penjual untuk perkembangan bisnis selanjutnya. Pertahankan respon positif dan perbaiki respon negatif agar lebih baik ke depannya.

2. Menumbuhkan Kepercayaan Customer

Adanya review mengenai produk atau service yang diberikan penjual akan mempengaruhi calon customer untuk melakukan pembelian. Terlebih dengan adanya review positif tentunya akan menumbuhkan kepercayaan dan meningkatkan kepuasaan customer.

3. Dapat Menjadi Marketing Gratis

Rasa percaya dan kepuasan yang didapatkan oleh customer akan memberikan dampak besar bagi bisnis online Anda. Mengapa? Karena mereka tidak akan segan untuk memberikan review positif bahkan merekomendasikan produk Anda kepada rekan-rekannya. Hal ini tentu saja akan menguntungkan Anda dalam memasarkan bisnis.

Dalam berbisnis online, kepercayaan pembeli harus dibangun dan dijaga sebaik mungkin. Maka dari itu sebagai penjual Anda harus memberikan kualitas dan pelayanan yang terbaik agar selalu dapat menjaga hubungan dengan pembeli. Dengan begitu, review yang didapatkan pun akan positif dan tentu saja sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis online Anda agar terus meningkat.

Disadur dari: inc.com, digitalpreneur.id, matawebsite.com