5 cara jitu memotret makanan dengan smartphone

Memotret makanan untuk mempercantik instagram feed sebenarnya mudah. Tidak perlu kamera yang mahal, Anda bisa menggunakan smartphone Anda sendiri untuk menghasilkan foto yang bagus. Anda hanya perlu menguasai beberapa trik agar foto yang dihasilkan terlihat menarik. Berikut ini adalah 5 cara yang dapat Anda terapkan untuk memotret makan yang menarik hanya dengan bermodal smartphone.

1. Segera Foto Saat Makanan Tiba di Meja Anda

Jika makanan dibiarkan terlalu lama, keindahannya akan hilang. Asap hangat dari sup Anda akan hilang, saus dari steak Anda akan mengering, es batu dari minuman Anda akan meleleh. Sebaiknya jangan tunggu waktu lama untuk memotret makanan Anda. Segera foto makanan Anda ketika makanan telah disajikan.

2. Gunakan Cahaya Matahari

sumber: theeverygirl.com

Cahaya dari sinar matahari membuat foto tampak lebih bagus daripada lampu dan cahaya buatan lainnya. Jika memungkinkan, pilih restoran dengan pencahayaan yang pas dan usahakan untuk berfoto saat jam makan siang.

Tetapi jika Anda sedang makan malam atau berada di restoran yang tertutup, perhatikan posisi kursi dan bayangan yang dihasilkan dari lampu. Jangan sampai makanan yang akan Anda foto malah tertutup dengan bayangan Anda sendiri. Dan satu hal terpenting yang harus Anda ingat, jangan pernah gunakan flash kamera smartphone Anda untuk memotret makanan.

3. Atur Tata Letak Makanan Anda

Tata letak makanan Anda akan mempengaruhi komposisi foto. Sebelum memotret, jangan lupa untuk mengatur peletakan setiap aspek makanan agar terlihat menarik dan indah dalam frame. Gunakan juga properti pendukung seperti sendok, garpu, dan barang-barang lainnya yang ada di sekitar Anda. Tetapi ingat, jangan sampai pemakaian barang-barang pendukung justru terlalu berlebihan dan malah mengurangi fokus pada makanan Anda.

4. Pilih Sudut Pandang Terbaik

Berbeda sudut pandang, berbeda pula hasil akhir dari foto yang Anda hasilkan. Umumnya terdapat 3 sudut pandang dalam fotografi makanan yaitu sudut 3/4, overhead (dari sudut pandang atas), ataupun straight-on.

Penggunaan ketiga teknik ini tergantung dari jenis dan penyajian makanan. Seperti, jika Anda memakan burger yang tebal, foto dengan sudut pandang lurus dan fokus pada isi burger tersebut. Jika makanan Anda disajikan dengan platter yang bagus dan topping menarik, foto dari sudut pandang atas. Bermainlah dengan ketiga teknik ini sampai Anda menemukan sudut pandang yang tepat.

5. Jangan Gunakan Fitur Zoom

Foto makanan memang lebih bagus jika close up dan fokus dekat agar terlihat lebih detail. Namun, jangan pernah gunakan fitur zoom saat memotret makanan Anda. Hal ini dilakukan untuk mensiasati keterbatasan kamera smartphone agar gambar yang dihasilkan tidak pecah. Sebaiknya dekati makanan yang ingin Anda foto dan cari posisi tepat. Tidak perlu malu dengan orang di meja sebelah, yang penting Anda mendapatkan gambar yang bagus untuk instagram feed Anda.

Selamat mencoba!

Disadur dari: lemonbowl.com, theeverygirl.com