7 Cara Agar Foto Anda Terlihat Profesional

Untuk menjadi fotografer profesional, dibutuhkan latihan bertahun-tahun. Tapi sebagai fotografer baru, Anda bisa belajarĀ beberapa hal dapat meningkatkan kualitas foto Anda secara dramatis tanpa banyak usaha.

Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas foto layaknya profesional.

1. Pencahayaan yang Menarik

Tata cahaya menjadi yang nomor satu di daftar ini. Aspek fotografi iniĀ  biasanya diabaikan fotografer pemula, tetapi fotografer profesional sangat mementingkan hal ini. Pencahayaan adalah hal terpenting untuk membuat foto terlihat profesional.

Ada banyak cara untuk membuat foto memiliki pencahayaan yang lebih menarik. Anda bisa menempatkan model di tempat yang teduh dan menata cahaya ke muka model, atau membuat model memandang cahaya jadi bayangan tidak jatuh ke wajahnya. Waktu juga merupakan hal yang sangat penting. Foto terbaik diambil saat matahari terbit atauĀ matahari terbenam. Fotografer pemula sering mengabaikan tips penting ini dan malah memotret di tengah hari.

2. Mengedit Foto

Seringkali, fotografer memotret objek foto yang indah, tetapi belum diedit. Edit lah hasil foto Anda secara digital agar dapat terlihat lebih bagus. Cobalah untuk mengubah warna, kontras, dan pencahayaan hingga terlihat profesional. Anda bisa menggunakan Photoshop atau Lightroom untuk mengedit foto.

3. Temukan Objek Foto yang Menarik

Mencari objek foto yang menarik merupakan bagian yang paling sederhana dari fotografi. Bahkan non-fotografer pun bisa mengetahui objek foto mana yang lebih bagus daripada yang lain. Tapi sebaiknya Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu terbawa dengan objek foto Anda. Jika Anda terlalu fokus dengan objek foto, Anda dapat dengan mudah melupakan elemen foto yang lain. Tangkap objek yang menarik, setelah itu perhatikan semua elemen foto dan hal lain yang perlu Anda harus perhatikan.

Lihat disini : Workshop FotografiĀ 

4.Ā Perspektif Unik

Terkadang kita menemukan subjek yang menarik, tetapi berada di tempat yang kurang menarik untuk difoto. Jika Anda melihat foto profesional, mereka sering mengambil gambar dari tempat dan sudut pandang yang unik. Contohnya, foto seorang CEO yang difoto dari bawah. Hal ini memberi kesan CEO menatap audiens yang berada di bawah agar terlihat lebih berkuasa. Atau, dalam hal memotret sebuah kota. Fotografer sering menggunakan perspektif dari ketinggian untuk memotret ke bawah dan menangkap keseluruhan kota.

5. Komposisi Kreatif

Komposisi merupakan hal yang paling sulit dalam daftar ini untuk diajarkan dalam waktu singkat. Tetapi jika Anda sudah mempelajari komposisi, Anda dapat membuat perbedaan yang luar biasa. Bagi fotografer pemula, Anda bisa mulai belajar komposisi dengan mempelajari aturan sepertiga.

Aturan sepertiga adalah aturan komposisi paling mendasar yang pada dasarnya memberi tahu fotografer untuk membayangkan papan tic-tac-toe pada bingkai gambar. Fotografer kemudian menempatkan bagian paling menarik dari foto yang akan diambil pada perpotongan garis-garis tersebut.

6. Kedalaman Ruang (Depth-of-Field) yang Tepat

Gambar: rubbingpixels.com

Kedalaman ruang, atau Depth-of-field (DoF), adalah ciri khas fotografi profesional. Yaitu mengatur rentang jarak untuk mendapatkan variasi fokus atau ketajaman pada subjek foto Anda. Depth-of-Field sempit akan menghasilkan subjek foto tajam, dan latar belakangnya buram. Mempelajari teknik ini dapat secara instan mengubah fotografi Anda menjadi sesuatu yang lebih profesional.

Untuk mengambil gambar dengan Depth-of-Field sempit, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Gunakan lensa terpanjang Anda
  2. Setel kamera ke prioritas aperture
  3. Atur aperture serendah mungkin
  4. Dekatkan kamera Anda kepada subjek foto sambil mengatur lensa untuk fokus
  5. Tempatkan subjek jauh dari apa pun di latar belakang
  6. Taruh titik fokus pada subjek
  7. Ambil gambar

7. Pilih Exposure yang Tepat

Exposure berarti tingkat kecerahan atau kegelapan foto. Exposure adalah salah satu teknik yang harus dipelajari fotografer pemula. Ada tiga cara untuk mengontrol eksposur foto: aperture, ISO, dan shutter speed.

Kamera digital biasanya bagus dalam menangkap exposure netral (automatic). Tapi faktanya exposure netral bukanlah yang terbaik. Misalnya, ketika memotret foto orang saat hari yang cerah, kamera akan otomatis membuat wajah orang itu gelap dan latar belakang menjadi terlalu terang. Exposure netral bekerja untuk mengekspos antara subjek foto atau latar belakang. Tapi sebagai fotografer, muka subjek lebih penting untuk jadi fokus Anda daripada latar belakang. Jadi Anda sebaiknya menaikkan exposure wajah dan membiarkan latar belakang untuk cerah.

Begitulah 7 langkah yang dapat Anda terapkan sebagai fotografer pemula agar foto Anda terlihat profesional.

Disadur dari improvephotography/com