Membahas strategi pemasaran tidak jauh dari membahas promosi. Untuk menciptakan promosi yang efektif sehingga meningkatkan penjualan, sebaiknya para pebisnis mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis promosi penjualan.
1. Diskon atau Potongan Harga
Diskon termasuk promosi klasik untuk mendatangkan pembeli, namun Anda harus berhati-hati dalam memasang angka diskon. Hal yang mungkin terjadi jika angka diskon terlalu besar, konsumen tidak tertarik untuk membeli di harga regular lagi.
2. Bonus
Biasanya bonus menarik konsumen musiman. Agar konsumen bertahan Anda harus memberikan bonus yang membuat mereka datang untuk membeli lagi, salah satunya karena mengoleksi bonus yang beragam. Contoh pemberian bonus di bisnis fast food bisa berupa karakter kartun/ film yang sedang booming.
3. Kupon
Pemberian kupon pada event tertentu seperti ulang tahun restoran dapat menjadi kesempatan baik agar konsumen datang kembali untuk menggunakan kupon tersebut. Adapula bisnis fast food yang memberikan sekumpulan kupon.
4. Free Trial
Dengan membagikan sampel gratis atau menyediakan produk yang dapat dicoba di toko cukup efektif untuk meyakinkan konsumen mengenai kualitas produk Anda. Biasanya free trial diberikan pada produk kosmetik atau perawatan kulit. Jika Anda pengembangan aplikasi juga dapat memberikan free trial sementara kepada konsumen.
5. Membership
Cara ini biasanya digunakan pada bisnis retail seperti department store hingga restoran. Hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan konsumen loyal. Anda perlu memerikan perlakuan khusus untuk member seperti bonus di hari ulang tahun konsumen, sistem penukaran poin belanja ataupun potongan harga tertentu.
Jadi, Sobat Pakar sudah mengetahui jenis promosi penjualan apa yang sesuai dengan bisnis Anda? Selamat mencoba dan semoga berhasil, Sobat Pakar!
Ditulis oleh Tim Pakar