Kesalahan Fatal Perusahaan: Tidak Menyadari Human Resource Adalah Gerbang Utama Perusahaan

Sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa Human Resource berkaitan dengan perekrutan karyawan dan administrasi personalia (mengawasi absensi karyawan-karyawan pada perusahaan yang bersangkutan). Namun, lebih dari itu, sebenarnya Human Resource memiliki peran yang sangat penting. Jika dianalogikan sebagai sebuah rumah, maka Human Resource adalah pintu gerbang dari perusahaan. Bagaimana tidak? Karyawan-karyawan yang bekerja di suatu perusahaan diseleksi terlebih dahulu oleh HR, sehingga secara tidak langsung HR akan menentukan kualitas Sumber Daya Manusia di suatu perusahaan. Tidak hanya berhenti di sana, peran HR turut menentukan keberhasilan, apakah perusahaan akan bertahan, berkembang/maju, atau justru mundur di masa mendatang?

Berikut peran HR yang seringkali dilupakan atau bahkan tidak disadari:

  1. HR harus menyusun sistem perekrutan yang sesuai dengan perusahaan. Jangan sampai HR melewatkan talent-talent terbaik atau justru memasukan pekerja-pekerja yang suka bermalas-malasan dan menurunkan kinerja rekannya.
  2. Setelah proses perekrutan, diperlukan pengelolaan pekerja, mulai dari menjabarkan jobdesk/lingkup pekerjaan hingga ke hubungan antar karyawan/divisi.
  3. Pada situasi tertentu, semisalnya terjadinya konflik antar karyawan, HR bisa mengambil peran sebagai penengah. HR bisa memulai dengan mendengarkan cerita dari kedua belah pihak hingga mencari solusi yang terbaik untuk semua pihak.
  4. HR perlu mengamati perkembangan para pekerja. Salah satu kasus yang sering terjadi akibat kelalaian HR adalah salah penempatan karyawan. Dengan pertimbangan kepala divisi, jika dirasa perlu, HR dapat membantu proses rotasi karyawan.

Untuk menciptakan HR yang mendukung perkembangan perusahaan, HR dituntut untuk terus belajar dan update mengenai isu ketenagakerjaan. Dengan demikian HR lebih siap menghadapi permasalahan internal perusahaan yang berkaitan dengan SDM. Selain itu, alangkah baiknya jika HR mengikuti workshop karena seringkali HR perlu untuk sharing ilmu ataupun pengalaman dengan para ahli di bidangnya. Dengan mengikuti pelatihan, perusahaan turut mendukung terciptanya talent-talent terbaik yang akan meningkatkan kualitas perusahaan untuk jangka panjang.

Ditulis oleh Tim Pakar.