3 Cara Dapat Klik Tanpa Clickbait

Ketika Anda membuat konten dengan clickbait kemungkinan besar akan Anda mendapat pengunjung web dalam jumlah banyak namun berakhir bounce.

Jika Anda menulis artikel clickbait, Anda akan menjatuhkan harapan pembaca sehingga mereka tidak akan bertahan lama di page Anda.

Hal ini tentu akan meningkatkan bounce rate di page Anda yang akan berdampak kepada ranking. Semakin rendah ranking, semakin rendah pula jumlah pengunjung.

Selain itu, usaha Anda selama ini untuk membangun kredibilitas brand juga akan menjadi sia-sia karena kepercayaan pengunjung terhadap brand dapat berkurang akibat click bait.

  1. Sudut Pandang Pembaca

Anda dapat mulai menulis dengan subjek “Anda” atau “kalian” daripada sekadar membawa sudut pandang brand sebagai “kami”. Hal ini dikarenakan orang-orang lebih peduli dengan diri mereka daripada terhadap orang lain.

Contoh yang benar : 3 Jenis Konten yang Harus Ada di Instagram Anda
Contoh yang salah : 3 Jenis Konten yang ada di Instagram @pakar.id

  1. Tata Bahasa yang Tepat

Penggunaan tata bahasa termasuk tanda baca yang tepat. Anda bisa menggunakan bahasa gaul jika sesuai dengan citra brand Anda.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahasa yang Anda tulis seharusnya cukup sederhana tanpa membuat pembaca harus berpikir keras untuk memahami artikel Anda.

Contoh yang benar : 4 Cara Hadapi Customer “Lihat-Lihat Dulu”
Contoh yang salah : Alternatif Cara Meladeni Jika Ada  Yang Bilang Mau Lihat-Lihat Dulu

  1. Tambahkan Angka

Ternyata orang-orang tertarik dengan adanya angka. Otak akan merasa ‘ini hal yang mudah diproses’ sehingga pembaca mengetahui bahwa artikel tersebut cukup mudah dicerna.

Angka menimbulkan kesan sesuatu yang dapat diprediksi karena pada dasarnya manusia tidak menyukai ketidakpastian.

Penggambaran sederhananya ketika Anda pergi ke ruang tunggu, mana yang lebih nyaman:
‘hanya menunggu tanpa tahu harus berapa lama’ atau ‘Anda diberitahu oleh resepsionis untuk menunggu 10 menit’?

Tentu mayoritas akan merasa lebih nyaman dengan situasi yang kedua. Dengan adanya prediksi, otak Anda akan lebih santai daripada tidak memiliki perkiraan sama sekali.

Contoh : 4 Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis

 

Selamat mencoba, Sobat PAKAR!

Jangan lupa share atau tinggalkan komentar jika artikel ini dirasa bermanfaat!

 

Ditulis oleh Tim Pakar
Diolah dari hootsuite/com