5 Sumber Inspirasi Konten

Ketika Anda menggunakan social media untuk branding, Anda dituntut untuk konsiten dan kreatif karena harus menyusun berbagai konten namun tidak membuat konsumen jenuh.

Seberapa sering Anda merasa kesulitan untuk mencari inspirasi dalam menciptakan sebuah konten?

Mari, kita bahas beberapa sumber yang dapat Anda manfaatkan dalam menciptakan konten, mulai dari proses awal menemukan ide hingga mengolah ide tersebut ke bentuk tulisan dan gambar.

Berikut 5 sumber inspirasi konten dirangkum oleh tim PAKAR:

  1. Blog Perusahaan

Anda tentu memahami jika konten tidak hanya terdiri dari gambar saja, namun juga memuat tulisan yang dikenal dengan istilah copy writing. Di mana sumber Anda memperoleh tulisan tersebut? Salah satunya adalah blog perusahaan. Selain itu, Anda juga dapat mentautkan konten ke website perusahaan Anda sehingga mereka mudah dalam mendapatkan informasi lebih lanjut.

  1. Canva

Canva adalah salah satu tool untuk desain yang berbasis web. Canva akan mempermudah Anda dalam mengolah gambar yang akan disajikan di sosial media. Canva bahkan sudah menyediakan template ukuran yang cocok digunakan di sosial media seperti Instagram feed dan Instagram story. Selain itu juga terdapat berbagai jenis gambar yang dapat Anda gunakan sebagai bahan yang dapat disesuaikan dengan brand Anda.

  1. Pinterest

Jika Anda ingin mencari inspirasi, Anda dapat berkunjung ke situs ini. Pinterest menyediakan banyak gambar menarik yang bisa Anda cari berdasarkan kategori (seperti beauty, phtotography, sports, dan lainnya) ataupun kata kunci berdasarkan kebutuhan Anda.

  1. ColourLovers

Salah satu kendala umum yang sering terjadi pada pembuat konten adalah menemukan warna yang menarik untuk konten mereka. Dengan bantuan komunitas ColourLovers Anda dapat menemukan dan berbagi inspirasi dengan desainer lainnya.

  1. Instagram

Siapa yang mengatakan bahwa Instagram hanya digunakan untuk ajang pamer-memamer saja? Perlu Anda ketahui bahwa dengan adanya banyak konten yang dibagikan di Instagram, Anda dapat ‘mencuri’ inspirasi. Bahkan, Anda dapat mencari tahu konten yang dibagikan oleh kompetitor Anda dengan mudah dan cepat. Setelah itu, Anda hanya perlu menganalisis, apa kekurangan dan kelebihan konten mereka dibandingkan brand Anda, sehingga Anda mengetahui apa yang seharusnya Anda tingkatkan berikutnya.

 

Ditulis oleh: tim PAKAR