5 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis

Apakah Anda pernah menerima email yang berisi penawaran produk dari suatu brand?

Atau Anda pernah menerima email berisi ucapan selamat pada hari raya tertentu? Ini adalah salah satu contoh email marketing.

Email marketing adalah salah satu cara pemasaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis secara online dengan memanfaatkan media email sebagai wadah menawarkan produk ke calon pembeli.

Beberapa keuntungan menggunakan email marketing untuk bisnis Anda, yaitu:

  1. Mendapatkan Perhatian

Dengan pembukaan email yang menyapa target konsumen, seperti menyebut nama target tersebut akan mendapat perhatian lebih besar daripada email lainnya.

  1. Lebih Cepat

Penyampaian pesan seperti promosi lebih cepat melalui email dalam menjangkau customer. Hal ini karena pada umumnya mereka rutin mengecek inbox email.

  1. Lebih Hemat

Anda bisa membayangkan bagaimana pemasaran tradisional seperti mencetak beribu-ribu lembar brosur yang hanya dilihat sekilas oleh customer.

Dengan adanya sistem email marketing memungkinkan Anda untuk menekan budget tersebut.

  1. Kampanye Dapat Diukur

Berbeda dengan channel marketing lainnya, Anda dapat melihat hasil kampanye melalui email dan dapat mengukurnya juga.

Anda akan mendapatkan report lengkap mulai dari seberapa banyak yang membuka email, jumlah yang terpental keluar dari email, seberapa banyak yang meng-klik link hingga berapa banyak yang forward ke alamat email lain.

  1. Menjaga Hubungan

Email marketing sering kali digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan dengan para subscriber melalui email news letter.

Anda dapat mengirimkan ucapan selamat hari raya atau hari special kepada customer sehingga mereka merasa dihargai. Oleh karena itu, email marketing membantu maintenance customer lama dengan mudah tanpa harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan customer baru.

 

Ditulis oleh : Tim Pakar
Diolah dari : Silamedia.id dan Seputarmarketing.com