Tips Ciptakan Konten yang Banyak Dishare

Sebagai digital marketer, Anda akan mendapatkan berbagai benefit jika berhasil membuat konten Anda banyak di-share/ dibagikan.

Brand/ bisnis Anda akan dikenal semakin banyak orang dan bahkan berpeluang mendapatkan perhatian dari calon konsumen yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan Anda.

Ternyata menciptakan konten yang berpotensi dibagikan oleh netizen bukan hanya sekadar menciptakan apa yang Anda sukai. PAKAR akan membahas tips agar Anda dapat membuat konten yang banyak dibagikan.

Sebelum membuat suatu konten, Anda perlu mengetahui alasan netizen gemar membagikan konten tersebut sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai acuan untuk membuat konten.

Berikut adalah 5 alasan netizen membagikan kontennya berdasarkan survey yang dilakukan oleh The New York Times:

  1. Bermanfaat bagi hidup orang lain

Mayoritas netizen yaitu 94% dari responden mengungkapkan bahwa mereka membagika suatu konten karena merasakan konten tersebut dapat bermanfaat bagi followers mereka.

Oleh karena itu, sebagai marketer Anda harus menciptakan konten yang dapat bermanfaat bagi hidup followers Anda.

  1. Bisa mencerminkan diri mereka

Salah satu tujuan orang membagikan suatu konten adalah untuk menunjukkan citra diri mereka yang ideal. Hal ini terbukti dari 68% jawaban para responden.

Ketika Anda menciptakan konten sebaiknya Anda membuatnya sesuai dengan ketertarikan/ minat followers Anda sehingga mereka akan membagikannya dengan bangga.

  1. Mempererat persahabatan

Sebanyak 4 dari 5 responden mengatakan bahwa mereka membagikan konten untuk tetap terhubung satu sama lain.

Anda harus mempertimbangkan bagaimana cara konten dapat dijadikan sebagai penghubung antara followers Anda dan teman/ kerabatnya.

Salah satu cara terbaik yang masih banyak digunakan hingga saat ini adalah dengan mengadakan give away yang bersyarat yaitu meminta followers untuk me-mention beberapa akun lainnya ataupun meninggalkan komentar pada konten Anda.

  1. Kebutuhan pribadi

Tidak peduli siapapun Anda, Anda pasti menginginkan umpan balik/ feedback yang positif dan bermakna.

Hal yang sama terjadi ketika konsumen menikmati konten Anda, mereka akan dengan sukarela membagikannya. Anda dapat menciptakan konten informatif untuk membantu followers Anda membagikannya dengan senang hati.

  1. Menyatakan dukungan

Banyak responden yang merasakan bahwa membagikan konten adalah salah satu bentuk dukungan atau menyatakan diri setuju dengan kasus yang terjadi.

Jadi, yang perlu Anda perhatikan adalah kasus/ trend apa yang berkaitan dengan brand Anda yang dapat Anda jadikan konten untuk memperlihatkan kepedulian Anda.

 

Ditulis oleh: tim PAKAR
Diolah dari: Hootsuite