Gambar Keren, Tapi Kok Sepi Kerjaan?

Bagi kamu yang ingin memiliki pendapatan utama dengan berjualan karya atau berjualan jasa menggambar seperti ilustrator, komikus, karikatur, dan lainnya, mungkin hal ini menjadi pikiran bagi kamu. Jangan khawatir, hal ini lumrah dijumpai terutama bagi kalian yang baru saja memulai karir dalam hal seni menggambar.

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan selain fokus dalam berkarya. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan bagi kamu yang baru saja memulai karir sebagai visual artist:

1. Memiliki portofolio yang baik

Portofolio seorang visual artist bagaikan riwayat hidup. Jika karya kamu hanya disimpan, client tidak akan tahu bagaimana kualitas gambar dan reputasi kerja kamu. Membuat portofolio tidak perlu repot, jaman sekarang mudah sekali membuat portofolio berbasis online. Kamu bisa mengupload karya kamu ke dalam website untuk memajang karya seperti Tumblr, DeviantArt, atau bahkan membuat website sendiri.

2. Bergabung dengan circle/komunitas

Bergabunglah dengan teman-teman untuk membuat perkumpulan menggambar. Hal ini penting sekali untuk menambah jaringan, memperluas wawasan dan pengetahuan, serta memancing produktivitas. Mulai lah dengan berjualan ke dalam event karya kreatif, mengikuti kompetisi, atau sekadar melakukan kolaborasi. Jika circle/komunitas kamu berkembang, kamu bahkan bisa membuat eksibisi karya bersama-sama.

3. Membangun reputasi

Bagaimanapun juga, kamu akan menjual jasa kepada client. Sikap atau attitude kamu dapat mempengaruhi bagaimana seorang client akan melihat kamu. Bersikaplah baik dengan semua orang, serta konsisten dan disiplin dalam bekerja. Dengan bertambahnya pengalaman, semakin lama kamu akan terbiasa untuk melatih soft skill dalam etika kerja.

4. Membuat branding

Selain memiliki portofolio, memperkuat branding itu perlu sekali bagi seorang visual artist. Self branding bisa dilakukan dengan banyak hal, contohnya seperti membuat nama atau ciri khas yang mudah diingat. Branding bisa juga dengan berpartisipasi dalam ajang karya kreatif atau eksibisi karya seni. Banyak peminat seni sekaligus customer potensial yang suka berkunjung ke dalam acara ini. Siapa tahu mereka akan tertarik untuk menjadi client kamu.

5. Terus belajar

Menggambar adalah soal berkembang. Seorang visual artist tidak mungkin akan bisa bertahan dalam kerasnya kompetisi pasar tanpa latihan dan belajar. Jika berhenti, kemampuan kamu akan stagnan dan tergerus dengan ribuan visual artist baru lainnya. Terus lah belajar dengan menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan menggambar kamu.

Nah, itu adalah tips yang harus diperhatikan. Jadi, menjadi visual artist tidak hanya sekedar kemampuan saja. Tetapi banyak faktor yang mempengaruhi kalian dalam berkarir.

Disadur dari: carrotacademy