Bagaimana Prospek Karir DevOps Engineer?

Istilah “DevOps” akhir-akhir ini semakin populer dalam bidang IT. DevOps mengedepankan konsep kolaborasi antar operasional untuk membangun infrastruktur, sehingga DevOps terlihat menjanjikan untuk mendatangkan keuntungan bagi masa depan perusahaan. Tetapi bagaimana prospek karir DevOps?

Bagi Anda yang sedang membangun karir di bidang IT, Anda mungkin semakin sadar akan kebutuhan IT dalam perusahaan. Kebutuhan dalam bidang IT dan DevOps, terutama soal tenaga ahli, juga naik secara signifikan. Tetapi pertanyaannya adalah Apakah DevOps hanyalah sebuah trend yang nantinya akan menghilang dengan cepat?

Ternyata, kebutuhan akan tenaga ahli DevOps mulai tumbuh sejak tahun 2015. Era ekonomi digital sedang berkembang dan departemen IT dibutuhkan dimana-mana. IT sedang dipacu untuk bergerak cepat dan membuat banyak aplikasi yang memberikan value untuk peruasahaan. Situasi ini membuktikan bahwa DevOps dibutuhkan untuk proyek jangka panjang.

Survey yang dilakuan oleh Gartner menyatakan bahwa, 61% dari perusahaan yang disurvey telah mengimplementasikan DevOps, sudah memiliki pilot, atau sudah memiliki rencana untuk mengimplementasikan DevOps. Tiga alasan utama mereka untuk mengadopsi DevOps adalah untuk mengembangkan waktu produksi, business value, dan menghembat biaya IT.

DevOps bukan hanya tumbuh, tapi juga berkembang. Tidak hanya startup, perusahaan besar juga semakin sadar akan keuntungan yang akan diperoleh. Meskipun kelihatannya DevOps hanya dibutuhkan dalam perusahaan digital, DevOps hampir bisa ditemukan di bagian IT semua industri.

DevOps Engineer merupakan jabatan yang makin dicari. Selain itu, karyawan di bidang IT semakin lama dituntut untuk masuk ke ranah DevOps. Tenaga ahli DevOps juga memiliki rata-rata yang cukup tinggi.

Meskipun gaji tenaga ahli DevOps bermacam-macam tergantung dengan jabatan dan pengalaman, area ini juga memberikan gaji yang kompetitif bagi tenaga yang memiliki keahlian. Hal ini karena DevOps merupakan bidang yang cukup baru. Terdapat jarak (gap) pengetahuan karena masih sedikit tenaga ahli IT yang paham tentang DevOps, sementara banyak perusahaan yang membutuhkannya.

Di satu sisi, para recruiter merasa sulit untuk mencari orang yang memiliki keahlian dalam bidang DevOps. Sementara kebutuhan tenaga kerja dalam bidang ini juga terus berkembang karena DevOps sedang hangat di bidang IT. Prospek karir DevOps terlihat menjanjikan apabila Anda memulainya dari sekarang. Jadi, inilah kesempatan bagi kalian yang ingin membangun karir dalam bidang DevOps.

 

Source : theregister.co.uk