Tips Menjadi Star Seller di Shopee

Jika Anda berjualan di Shopee, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa dengan menjadi Star Seller akan memberikan beberapa keuntungan bagi Anda. Salah satu keuntungan yang paling terlihat adalah meningkatnya kredibilitas Anda sebagai penjual di mata konsumen. Peningkatan kredibiltas akan berjalan seiring dengan kenaikan omset Anda. Setelah mengetahui keuntungan menjadi Star Seller, Anda tentu ingin mendapatkan status … Read more

Kesalahan Fatal Perusahaan: Tidak Menyadari Human Resource Adalah Gerbang Utama Perusahaan

Sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa Human Resource berkaitan dengan perekrutan karyawan dan administrasi personalia (mengawasi absensi karyawan-karyawan pada perusahaan yang bersangkutan). Namun, lebih dari itu, sebenarnya Human Resource memiliki peran yang sangat penting. Jika dianalogikan sebagai sebuah rumah, maka Human Resource adalah pintu gerbang dari perusahaan. Bagaimana tidak? Karyawan-karyawan yang bekerja di suatu perusahaan diseleksi terlebih dahulu oleh HR, sehingga secara tidak langsung HR akan menentukan kualitas Sumber Daya Manusia di suatu perusahaan. Tidak hanya berhenti di sana, peran HR turut menentukan keberhasilan, apakah perusahaan akan bertahan, berkembang/maju, atau justru mundur di masa mendatang?

Berikut peran HR yang seringkali dilupakan atau bahkan tidak disadari:

Read more

3 Jenis Konten yang Harus Ada di Instagram Anda

Brand yang memiliki media sosial seperti Instagram mempunyai kesempatan untuk mengubah pengunjung media sosial menjadi calon pembeli produk/jasa Anda. Walaupun setiap akun Instagram terlihat memiliki jenis konten yang berbeda, namun setiap brand memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan penjualan. Berikut adalah tiga jenis konten yang dibutuhkan oleh setiap pemilik akun Instagram, termasuk Anda:

1. Content to Entertain (Konten yang Menghibur)

Bukan berfokus pada target market Anda, melainkan konten ini dibutuhkan untuk menarik pengunjung Instagram. Ini merupakan salah satu cara paling sederhana untuk menarik perhatian orang-orang di era yang dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Semakin menarik konten Anda, semakin banyak yang orang lain share kepada teman-temannya.

Read more

Memilih Jenis Promosi Penjualan untuk Bisnis Anda

Membahas strategi pemasaran tidak jauh dari membahas promosi. Untuk menciptakan promosi yang efektif sehingga meningkatkan penjualan, sebaiknya para pebisnis mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis promosi penjualan.

1. Diskon atau Potongan Harga

Diskon termasuk promosi klasik untuk mendatangkan pembeli, namun Anda harus berhati-hati dalam memasang angka diskon. Hal yang mungkin terjadi jika angka diskon terlalu besar, konsumen tidak tertarik untuk membeli di harga regular lagi.

2. Bonus

Biasanya bonus menarik konsumen musiman. Agar konsumen bertahan Anda harus memberikan bonus yang membuat mereka datang untuk membeli lagi, salah satunya karena mengoleksi bonus yang beragam. Contoh pemberian bonus di bisnis fast food bisa berupa karakter kartun/ film yang sedang booming.

Read more

Tips Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Meningkatnya daya beli masyarakat melalui jalur online menyebabkan semakin berkembangnya marketplace seperti Lazada, Tokopedia, hingga Shopee. Agar peluang Anda sebagai pelaku usaha di marketplace menjadi lebih besar, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tampilan

Foto produk memegang peranan penting di dunia online. Penggunaan foto yang dihasilkan sendiri, bukan dari Google akan lebih meyakinkan customer. Untuk produk dalam industri tertentu seperti fashion, foto produk dapat diambil dari berbagai angle, mulai dari terlihat keseluruhan hingga detail produk. Jika suatu produk terdapat beberapa warna, Anda dapat mengunggah semua jenis warna sehingga lebih spesifik.

2. Nama

Nama produk sebaiknya tidak terlalu umum dan juga tidak terlalu spesifik agar mudah ditemukan dari search engine seperti Google. Sebagai contoh, Anda dapat memasukan nama produk seperti “Kemeja Kotak Katun Biru” dan jangan memasukan kode produk yang berupa angka seperti di katalog.

Read more

Tips Email Marketing yang Efektif

Pada dasarnya, konsumen ingin untuk tetap berhubungan dengan Anda, namun pemasar harus melakukannya dengan cara yang dapat memberikan nilai bagi konsumen. Berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat mengirimkan email marketing yang efektif:

1. Berhenti Memperlakukan Konsumen seperti Manusia Tanpa Nama

Kesalahan umum yang jarang disadari oleh pemasar adalah konsumen tidak suka dianggap manusia tanpa nama. Konsumen ingin dilihat sebagai pribadi yang unik. Daripada hanya mengirim email yang sama kepada semua orang, akan lebih baik jika Anda melakukan segmentasi pada daftar email. Dengan demikian para konsumen akan merasa bahwa Anda dapat membaca pikiran mereka saat itu.

2. Perhatikan Riwayat Konsumen

Riwayat konsumen menjadi lebih penting di dunia marketing. Perilaku konsumen akan memberikan informasi tentang apa yang sedang mereka cari.

Read more

Cara Mencegah Penyebaran HOAX

Dengan adanya kecanggihan teknologi, penyampaian informasi menjadi semakin cepat. Bahkan, hanya dengan memprioritaskan kecepatan penyebaran ataupun dengan tujuan tertentu, berita palsu semakin mudah bertebaran. Inilah yang dikenal dengan istilah “hoax”.

Anda sebagai netizen harus berhati-hati agar tidak ikut terlibat membantu oknum tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan hoax. Hal ini dikarenakan hoax dapat merugikan dan menjadi fitnah bagi orang lain.

Untuk mengenali hoax, Septiaji Eko Nugroho selaku Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax membeberkan ciri-ciri hoax, antara lain:

1. Judul Provokatif

Berita hoax sering menggunakan judul provokatif, semisalnya dengan menyudutkan pihak terterntu. Isi berita dapat diambil dari berita media resmi yang kemudian diubah untuk menimbulkan persepsi sesuai dengan kehendak oknum pembuat hoax. Oleh karena itu, Anda harus mencari referensi beritu serupa dari situs resmi dan membandingkan isinya.

Read more

4 Hal Penting Perencanaan Branding di Media Sosial

Penggunaan media sosial sekarang ini tidak hanya untuk personal saja, namun sudah merambah ke dunia bisnis. Berbagai merek melibatkan media sosial untuk branding. Jika Anda berniat untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini:

1. Tentukan Platform

Anda perlu mengidentifikasi platform/media sosial apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengamati bahwa audiens di platform tertentu dapat berbeda. Anda dapat menentukan berdasarkan keefektifan seperti platform mana yang paling dapat mencapai target audiens yang Anda inginkan.

Read more

Faktor Tampilan Instagram yang Berubah

Sebagai pengguna Instagram, jika Anda cermati, Anda akan menyadari perubahan pada tampilan aplikasi ini. Mulai dari tampilan feed yang dahulu ada berbagai konten following Anda, sekarang hanya terlihat pengguna tertentu yang terus bermunculan di feed Anda. Sebagian pengguna bertanya-tanya apa yang menjadi dasar perubahan tampilan tersebut. Sekarang, PAKAR akan membahas beberapa faktor yang mempengaruhi tampilan pada feed Instagram yaitu:

1. Interest

Seberapa banyak Instagram memprediksi akan kepedulian suatu posting, peringkat lebih tinggi untuk hal-hal yang sangat diperdulikan Anda. Peringkat tersebut didasari oleh aktivitas Anda selama ini pada konten yang serupa dan mesin vision menganalisis potensi konten yang sesunggunya dari post.

2. Recency

Bagaimana akhir-akhir ini postingan dibagikan akan muncul kembali di minggu berikutnya.

Read more

Tips Penting Hadapi Kemarahan Konsumen

Beberapa konsumen memiliki berbagai alasan hingga marah, baik itu alasan masuk akal maupun yang tidak masuk akal. Namun, jika Anda bekerja dengan menjual produk atau jasa kepada konsumen, suatu ketika Anda harus menghadapi kemarahan mereka. Bagaimana respon Anda terhadap mereka dapat mempengaruhi hasil akhir apakah mereka puas dengan penanganan Anda atau malah semakin marah dan mulai menyebarkan review negatif di luar sana. Berikut adalah sejumlah tips untuk menghadapi kemarahan konsumen:

1. Tetap Tenang

Ketika konsumen mulai berteriak atau melakukan sesuatu yang kasar, Anda tidak boleh membalasnya dengan perlakuan serupa. Diperlukan adanya kontrol diri pada diri Anda agar tetap tenang.

2. Jangan Dicampur-aduk dengan Perasaan Pribadi

Anda harus ingat bahwa konsumen marah bukan terhadap Anda, melainkan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Perasaan pribadi Anda tidak ada kaitannya di sini.

Read more